Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas Ii SDI Nailul Falah Sukorejo-Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Zulfa (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pada Siswa Kelas Ii SDI Nailul Falah Sukorejo-Pasuruan. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfa Ulya_D07215047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang mampu menulis cerita dengan tepat. Hal ini terjadi kurangnya inovasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran dan mengelola keterampilan berbahasa khususnya keterampilan menulis dikelas rendah, sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh harena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas II SDI Nailul Falah sukorejo-pasuruan? (2) Bagaimana peningkatan ketrampilan menulis cerita dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada siswa kelas II SDI Nailul Falah Sukorejo-Pasuruan?
Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kurt Lewin, yang memiliki empat tahapan dalam setiap siklusnya. 4 tahapan tersebut antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDI Nailul Falah dengan subyek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 9 siswa. Peneliti melakukan wawancara, observasi, tes tulis, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Metode pembelajaran Kancing Gemerincing dapat diterapkan dengan baik dalam pembelajaran, terlihat dari hasil observasi guru yang pada siklus I sebesar 79,41 (cukup) meningkat menjadi 91,1 (sangat baik) pada siklus II. Serta hasil observasi siswa yang pada siklus 1 memperoleh 80,8 (baik) meningkat menjadi 92,6 (sangat baik) pada siklus II. (2) Keterampilan menulis cerita siswa juga meningkat. Terlihat dari rata-rata nilai kelas pada siklus I menjadi 76,8 (cukup), dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 90,6 (sangat baik). Selain itu presentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 77,7% (baik) pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II sebesar 88,8% ( baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, ZulfaZulfaulya0@gmail.comD07215047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiyar, MachfudZulfaulya0@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMasúd, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulya Zulfa
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:59
Last Modified: 06 Aug 2019 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33077

Actions (login required)

View Item View Item