Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Names of Animal dengan menggunakan strategi Card Sort siswa Kelas IV MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Engga Ayu Maya (2019) Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Names of Animal dengan menggunakan strategi Card Sort siswa Kelas IV MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Engga Ayu Maya Sari_D97215090.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini dilatar belakangi oleh hasil belajar Bahasa Inggris materi Names Of Animal pada siswa kelas IV MI Badrussalam Surabaya di bawah kriteria ketuntasan minimal yaitu 68. Hal ini disebabkan kurangnya siswa dalam menguasai kosakata bahasa Inggris, strategi yang diterapkan guru belum mampu membuat siswa aktif saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penulisan ini adalah: 1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Names Of Animal pada siswa kelas IV MI Badrussalam Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris materi Names Of Animal melalui strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas IV MI Badrussalam Surabaya. Metode penulisan yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penulisan 36 peserta didik dan tempat penulisan di MI Badrussalam Surabaya. Penulisan ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, tes, observasi guru dan peserta didik dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, butir soal dan lembar dokumentasi. Hasil penulisan menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah penerapan strategi card sort dibuktikan dengan kegiatan pra siklus jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM hanya 13 siswa atau 36% dari 36 siswa. Penerapan strategi pembelajaran card sort dapat dilaksanakan dengan baik hal ini terlihat pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada aktifitas guru pada siklus I skor akhir yang didapat yakni 75 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 87 dengan kategori baik. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I skor akhir yang diperoleh yakni 80 dengan kategori baik dan meningkat menjadi 92 dengan kategori sangat baik. 2) Hasil belajar siswa terjadi peningkatan setelah penerapan strategi pembelajaran card sort dengan perolehan nilai rata-rata pra siklus 60 dengan kategori cukup meningkat pada siklus I menjadi 72 dengan kategori cukup dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 84 dengan kategori baik dengan persentase ketuntasan hasil belajar yakni sebesar 86% dengan kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Engga Ayu Mayaenggaayu@gmail.comD97215090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiyar, MachfudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar Bahasa Inggris; Strategi Card Sort; Names Of Animal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sari Engga Ayu Maya
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:15
Last Modified: 05 Aug 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33089

Actions (login required)

View Item View Item