فعالية برنامج محكمة اللغة باستخدام وسيلة دفتر المفردات لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل الرابع بمعهد "فضل الله" للتربية الإسلامية الحديثة وارو سيدوأرجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jihadiy, Muhammad Ajyad (2019) فعالية برنامج محكمة اللغة باستخدام وسيلة دفتر المفردات لترقية مهارة الكلام لدى طلاب الفصل الرابع بمعهد "فضل الله" للتربية الإسلامية الحديثة وارو سيدوأرجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ajyad Jihadiy_D02215014.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pondok Modern Fadlillah Waru Sidoarjo memiliki permasalahan khususnya dalam keterampilan berbicara karena sebagian besar siswanya melanggar peraturan berbahasa dan mereka tidak mampu berbicara dengan bahasa arab tetapi mereka memahami apa yang mereka dengar dan mereka kekurangan dalam kosa kata. Dan permasalahan dalam proses belajar mengajar di Pondok Modern Fadlillah Waru Sidoarjo adalah siswa mengalami kesulitan dalam keterampilan berbicara, untuk mengatasi permasalahan tersebut maka peneliti menggunakan kegiatan mahkamah bahasa dengan media buku mufrodat untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas 4 di Pondok Modern Fadlillah Waru Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui penerapan kegiatan mahkamah bahasa menggunakan media buku mufrodat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 Pondok Modern Fadlillah Waru Sidoarjo. 3) Untuk mengetahui efektifitas kegiatan. mahkamah bahasa menggunakan media buku mufrodat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 Pondok Modern Fadlillah Waru Sidoarjo. Untuk menjawab permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan tes dan analisis data. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas 4 A yang terdiri dari 20 siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektifitas kegiatan mahkamah bahasa menggunakan media buku mofrodat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 4 A dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-hitung (15,85), sedangkan T-tabel ( 1,729). Maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jihadiy, Muhammad Ajyadmuhammadajyad@gmail.comD02215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifah, AinunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Kegiatan Mahkamah Bahasa; Media Buku Mufrodat; Keterampilan Berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Jihadiy Muhammad Ajyad
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:16
Last Modified: 05 Aug 2019 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33092

Actions (login required)

View Item View Item