This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Indrianto, Nino (2019) Rancangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan interdisipliner di perguruan Tinggi: studi pengembangan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nino Indrianto_F15331355.pdf Download (3MB) |
Abstract
Disertasi tentang rancangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan interdisipliner ini didasarkan pada kenyataan belum tersedianya bahan ajar PAI yang memiliki spesifikasi dengan pendekatan interdisipliner di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PAI yang valid, menarik, dan efektif dalam pembelajaran PAI di perguruan tinggi. Hasil pengembangan ini dimaksudkan untuk memenuhi tersedianya bahan ajar PAI yang dapat mengantarkan mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan program studi yang berlandaskan pada ajaran-ajaran Islam. Dengan demikian, mahasiswa dapat merasakan kebermaknaannya, baik dalam proses belajar mengajar di kelas maupun saat memasuki dunia kerja kelak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall (1983), yaitu (1) analisis Kebutuhan; (2) pengembangan kurikulum; (3) penyusunan prototipe; (4) uji coba; (5) revisi produk; dan (6) produk akhir. Pengembangan bahan ajar PAI di perguruan tinggi ini menyangkut tujuan pembelajaran, isi/materi, komponen-komponen bahan ajar dan sistem pembelajaran. Bahan ajar disusun berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 43 tahun 2006 dan berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Produk akhir dari penelitian ini adalah “Bahan Ajar PAI dengan Pendekatan Interdisipliner untuk Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan” yang dikemas dalam bentuk buku ajar yang terdiri dari buku pegangan dosen dan buku pegangan mahasiswa. Produk pengembangan bahan ajar ini telah diujicobakan melalui beberapa tahap secara berurutan yakni: (1) uji coba lapangan awal kepada mahasiswa dan dosen PAI FKIP Unej; (2) uji coba ahli yang terdiri dari ahli kurikulum, ahli materi, dan ahli desain produk; dan (3) uji coba lapangan lanjutan kepada mahasiswa dan dosen PAI FIP Unesa. Hasil uji coba ahli didapatkan hasil tingkat kelayakan atau validitas bahan ajar PAI dengan pendekatan interdisipliner sebesar 82,25% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba lapangan awal yang dilakukan di FKIP Unej didapatkan hasil tingkat kemenarikan produk bahan ajar PAI sebesar 85,25% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba lapangan lanjutan di FIP Unesa didapatkan hasil tingkat kemenarikan produk bahan ajar PAI sebesar 87,77% dengan kualifikasi baik. Sedangkan tingkat efektifitas yang diukur melaui pre-test dan post-test pada uji coba lapangan awal terhadap mahasiswa FKIP Unej menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai 27,89% dengan hasil penghitungan uji t diperoleh harga t hitung adalah 14.408 lebih besar daripada t tabel yaitu 2,003. Pada uji coba lapangan lanjutan terhadap mahasiswa FIP Unesa menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai 32,41% dengan hasil penghitungan uji t diperoleh harga t hitung adalah 13.146 lebih besar daripada t tabel yaitu 1,990. Dengan demikian, artinya bahan ajar PAI dengan pendekatan interdisipliner yang telah dikembangkan terbukti valid, menarik dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Agama dan Ilmu Pengetahuan Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
||||||||||||
Divisions: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Indrianto Nino | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2019 03:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2019 03:56 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33101 |
Actions (login required)
View Item |