Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa di Sekolah Menengah Atas Al-Islam Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irkhamah, Dwi (2019) Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa di Sekolah Menengah Atas Al-Islam Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi irkhamah_D03215008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Implementasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Membentuk Sikap Wirausaha pada Siswa di Sekolah Menengah Atas Al-Islam Krian. Hal tersebut dilatar belakangi karena pendidikan dipandang sebagai jalan terobosan paling baik untuk membangun wirausaha didalam masyarakat dengan sistem pendidikan. Lembaga pendidikan formal maupun non formal diharapkan dapat menerapkan kurikulum kewirausahaan dalam kegiatan pembelajaran supaya dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap wirausaha. Melalui pembelajaran pendidikan kewirausahaan dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di sekolah, siswa dapat membentuk sikap wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah atas Al-Islam Krian, mendeskripsikan pembentukan sikap wirausaha siswa di sekolah menengah atas Al-Islam Krian, dan untuk mengetahui pembentukan sikap wirausaha melalui pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah atas Al-Islam Krian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum sebagai informan kunci, Guru pendidikan kewirausahaan, dan siswa SMA Al-Islam Krian. Obyek penelitian ini adalah implementasi pendidikan kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) bentuk pendidikan kewirausahaan di sekolah menengah atas Al-Islam Krian ini menggunakan kurikulum 2013 yang mana terdapat beberapa tahapan yang meliputi penyusunan, penyetujuan dari kepala sekolah dan tahap pelaksanaan. (2) pembentukan sikap wirausaha pada siswa di sekolah menengah atas Al-Isla Krian adalah dengan langsung terjun dalam bisnis yang dimana dinilai sebagai metode paling tepat dalam menumbuhkan sikap wirausaha pada siswa. Pelaksanaan program pendidikan kewirausahaan merupakan inti dalam membentuk sikap siswa karena dengan adanya pembelajaran pendidikan kewirausahaan akan terbentuk karakter siswa yang mandiri, bertanggung jawab, dan kreatif. (3) pembentukan sikap wirausaha pada siswa melalui pendidikan kewirausahaan dengan cara menyusun RPP yang terintegrasi dengan nilai-nilai kewirausahaan dilakukan dengan mengadaptasi RPP yang sudah ada dan menambahkan pada materi, langkah-langkah pembelajaran atau penilaian dengan nilai-nilai kewirausahaan. Melalui integrasi ini diharapkan peserta didik untuk memperoleh kesadaran betapa pentingnya nilai-nilai kewirausahaan. Terbentuknya karakter wirausaha dan pembiasaan nilai-niali kewirausahaan dalam kehidupann sehari-hari, melalui proses pembelajaran baik yang berlangsung didalam maupun diluar kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irkhamah, Dwidwiirkhamah20@gmail.comD03215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, A.Zhazfanus21@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pendidikan Kewirausahaan: Sikap Wirausaha
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irkhamah Dwi
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:03
Last Modified: 05 Aug 2019 05:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item