Peningkatan hasil belajar melalui metode Gallery Walk subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada siswa Kelas IV MI Al Fitrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Eka Nur (2019) Peningkatan hasil belajar melalui metode Gallery Walk subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada siswa Kelas IV MI Al Fitrah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Nur Afifah_D97215089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al-Fitrah Surabaya pada pembelajaran tematik subtema Indahnya keragaman Budaya Negeriku. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang inovatif sehingga peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran tematik. Terlihat dari hasil belajar sebelum dilakukan penelitian yaitu 68,52 (kurang) dengan persentase ketuntasan sebesar 64%, hal ini masih jauh dari kriteria ketuntasan belajar. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran tematik tersebut. Penerapan metode Gallery Walk diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Gallery Walk pada pembelajaran tematik subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku pada peserta didik kelas IV MI Al-Fitrah Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Al-Fitrah Surabaya setelah melakukan pembelajaran tematik subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Melalui model pembelajaran kooperatif metode Gallery Walk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Gallery Walk dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik. Dibuktikan dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yang memperoleh jumlah skor 73,30 (cukup), meningkat menjadi 85 (baik) pada siklus II. Dibuktikan juga dengan peningkatan hasil observasi aktivitas peserta didik dari perolehan jumlah skor 66,60 (cukup) pada siklus I, meningkat menjadi 86,60 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku melalui metode Gallery Walk mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 68,52 (kurang) dengan persentase 64%, pada siklus I menjadi 74,20 (cukup) dengan persentase 80%, kemudian meningkat menjadi 89,28 (baik) dengan persentase 92% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Eka Nurekanurafifah1@gmail.comD97215089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Budaya
Keywords: Peningkatan hasil belajar; Indahnya Keragaman Budaya Negeriku; Metode Gallery Walk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afifah Eka Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:58
Last Modified: 02 Aug 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33120

Actions (login required)

View Item View Item