Profil penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurohman, Taufik (2019) Profil penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taufik Kurohman_D74215111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penalaran adaptif merupakan proses berpikir secara logis untuk memberi solusi dari masalah matematika yang diberikan. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda dalam mengolah informasi (gaya kognitif). Perbedaan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa bergaya kognitif field dependent dan dua siswa bergaya kognitif field independent dari kelas VIII-I SMPN 1 Menganti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Hasil data tugas pemecahan masalah dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam memecahkan masalah matematika kurang mampu melakukan penalaran adaptif yaitu kurang mampu membuat dugaan atau konjektur yang logis yang didasarkan pada sifat-sifat matematis, kurang mampu memeriksa argumen dari soal yang diberikan, yakni dengan disertai langkah yang sistematis dan dapat memberikan alasan yang logis terhadap jawabannya, kurang mampu memberikan jawaban dengan menemukan pola yang disajikan dari soal, kemudian menggeneralisasikan pola tersebut untuk menyelesaikan permasalahan dan kurang mampu memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan berdasarkan penyelesaian soal yang diberikan. (2) Siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam memecahkan masalah matematika mampu melakukan penalaran adaptif yaitu mampu membuat dugaan atau konjektur yang logis yang didasarkan pada sifat-sifat matematis, mampu memeriksa argumen dari soal yang diberikan, yakni dengan disertai langkah yang sistematis dan dapat memberikan alasan yang logis terhadap jawabannya, mampu memberikan jawaban dengan menemukan pola yang disajikan dari soal, kemudian menggeneralisasikan pola tersebut untuk menyelesaikan permasalahan dan mampu memberikan jawaban dengan penarikan kesimpulan berdasarkan penyelesaian soal yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurohman, Taufiktaufikkurohmansoulmath@gmail.comD74215111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Penalaran adaptif; masalah matematika; gaya kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurohman Taufik
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:16
Last Modified: 06 Aug 2019 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33132

Actions (login required)

View Item View Item