Analisis kemampuan penalaran statistik siswa ditinjau dari gaya belajar 4mat system

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Atiyatun (2019) Analisis kemampuan penalaran statistik siswa ditinjau dari gaya belajar 4mat system. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atiyatun Hasanah_D04213004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan penalaran statistik adalah kemampuan menarik kesimpulan dan memberi penjelasan berdasarkan orientasi data dengan memperhatikan prosedur terstruktur, prosedur tidak terstruktur, dan konsep statistik serta memberikan komentar kritis terhadap suatu proses atau hasil statistika. Dalam proses penalaran statistik, kemampuan siswa berbeda-beda. Salah satu penyebab perbedaan itu adalah gaya belajar yang dimiliki. Bernice McCarthy mengembangkan sebuah gaya belajar yang dikenal dengan gaya belajar4 MAT System. Gaya belajar 4 MAT System terbagi menjadi 4 yaitu gaya belajar innovative learner, gaya belajar analytic learner, gaya belajar common sense learner, dan gaya belajar dynamic learner. Tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui kemampuan penalaran statistik siswa berdasarkan gaya belajar 4MAT System. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diambil 8 siswa dari 62 siswa kelas VIII- F dan kelas VIII-G SMP Negeri 1 Mojoanyar, Mojokerto yang terdiri dari 2 subjek yang memiliki gaya belajar innovative learner, 2 subjek yang memiliki gaya belajar analytic learner, 2 subjek yang memiliki gaya belajar common sense learner, dan 2 subjek yang memiliki gaya belajar belajar dynamic learner. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator kemampuan penalaran statistik.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa dengan gayabelajar4MAT Systemdalam memecahkan masalah matematika sudah memenuhi indikator kemampuan penalaran statistik yaitu memahami konsep dan aturan statistik, mengungkapkan alasan terhadap suatu data, memberikan alternatif penyelesaian berdasarkan konsep dan proses statistik, dan menarik kesimpulan berdasarkan konsep, aturan dan proses statistik.Subjek dengan gaya belajar innovative learnerberpikir secara langsung berdasarkan soal rutinitas yang mereka dapatkan. Subjek dengan gaya belajar analytic learnerberpikir sistematis yang disesuaikan dengan konseptual dan pengetahuan yang mereka pelajari sebelumnya. Subjek dengan gaya belajar common sense learner juga merencanakan penyelesaian secara sistematis berdasarkan konsep yang dipelajari. Sedangkan, subjek dengan gaya belajar dynamic learner mengidentifikasi masalah berdasarkan intuisi atau firasat yang mereka miliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Atiyatunatiyatunh@gmail.comD04213004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning WidaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Kemampuan Penalaran Statistik, Masalah Matematika, Gaya Belajar 4MAT System.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasanah Atiyatun
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:16
Last Modified: 07 Aug 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33143

Actions (login required)

View Item View Item