Perancangan kawasan wisata Pulau Lusi dengan pendekatan Ecological Landscape Design

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Patricia, Elsa (2019) Perancangan kawasan wisata Pulau Lusi dengan pendekatan Ecological Landscape Design. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Patricia_H73215019.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pulau Lusi merupakan pulau buatan (man-made) yang terbentuk dari endapan lumpur Sidoarjo yang dibuang ke laut dengan proses pembuangan langsung melalui sungai porong. Sejak tahun 2011 hingga 2017 di lakukan program wanamina (program penanaman pohon bakau dan budidaya ikan bandeng) oleh Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo untuk melakukan penelitian dan pengembangan terhadap ekosistem Pulau Lusi. Dalam rangka optimalisasi potensi Pulau Lusi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan pemerintah daerah dan masyarakat akan mengelola Pulau Lusi melalui pengembangan wisata yang berwawasan lingkungan (ekowisata). Kawasan Wisata Pulau Lusi merupakan salah satu destinasi wisata berwawasan lingkungan (ekowisata) di Kabupaten Sidoarjo yang menyediakan beberapa fasilitas untuk kegiatan konservasi, edukasi, dan rekreasi. Perancangan Kawasan Wisata Pulau Lusi menggunakan pendekatan ecological landscape design sebagai suatu upaya untuk menciptakan kawasan yang berwawasan lingkungan, membuat desain fasilitas kawasan yang dapat digunakan secara optimal tanpa merusak ekosistem wanamina. Ecological landscape design menekankan cara memahami keseluruhan kondisi eksisting kawasan sehingga dapat menghasilkan desain alternatif yang digunakan untuk pengembangan kawasan tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Patricia, Elsaelsapatricia95@gmail.comH73215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyariah, Arfianinisya27@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorJunaidi, Rahmadjunaichi@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Ekologi
Keywords: Lumpur Sidoarjo; Pulau Lusi; Ekowisata Kabupaten Sidoarjo; Ecological Landscape Design
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Patricia Elsa
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:06
Last Modified: 05 Aug 2019 09:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33169

Actions (login required)

View Item View Item