Peningkatan keterampilan Melompat melalui kegiatan Senam Berirama Kelompok A di Play Group Taman Kanak-Kanak Subulus Salam Wage Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmaprilia, Rebecca Hayyu (2019) Peningkatan keterampilan Melompat melalui kegiatan Senam Berirama Kelompok A di Play Group Taman Kanak-Kanak Subulus Salam Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rebecca Hayyu Rachmaprilia_D98215036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang peneilitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelompok A, yakni kegiatan melompat di sekolah PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo jarang dilakukan karena minimnya kesadaran guru dalam melakukan. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah penerapan kegiatan senam berirama sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan melompat pada anak kelompok A di PG-TK Suulus Salam Desa Wage Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana kondisi melompat pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo? 2) Bagaimana penerapan kegiatan senam berirama untuk meningkatkan keterampilan melompat pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo? 3) Bagaimana peningkatan keterampilan melompat melalui kegiatan senam berirama pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan penelitian kelas model Kurt Lewin. Terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A1 di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo yang terdiri dari 20 anak. Penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dijelaskan sebagai berikut: 1) Kondisi melompat pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo dinyatakan belum berkembang sangat baik. 2) Penerapan kegiatan senam berirama dapat meningkatkan keterampilan melompat anak kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo, 3) Keterampilan melompat melalui senam berirama pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada anak tahap pra siklus dengan nilai rata-rata 41,25 (kurang), pada siklus I naik menjadi 65,62 (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 86 (sangat baik). Sedangkan presentase keterampilan motorik kasar (melompat) pada kelompok A di PG-TK Subulus Salam Wage Sidoarjo pada pra siklus sebesar 20% (belum berkembang), di siklus I sebesar 45% (mulai berkembang), dan siklus II meningkat signifikan menjadi 90% (berkembang sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmaprilia, Rebecca Hayyurebeccarachmaprilia1104@gmail.comD98215036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuniati, Wahyuniatideen2bemax@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Keterampilan melompat; senam berirama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Rachmaprilia Rebecca Hayyu
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:44
Last Modified: 02 Aug 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33173

Actions (login required)

View Item View Item