Perancangan resort di kawasan wisata Girimanik dengan pendekatan ekologi arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sarah, Yuni (2019) Perancangan resort di kawasan wisata Girimanik dengan pendekatan ekologi arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Sarah_H73215025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kabupaten Wonogiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis Kabupaten Wonogiri terletak antara 110o41` - 111o18`BT dan 7o32` - 8o15`LS. Ketinggian rata-rata 470 meter di atas permukaan laut serta beriklim tropis dengan temperature 24o-32o C. Wonogiri termasuk dalam kota yang dikembangkan dalam sektor kepariwisataan. Salah satunya ialah pengembangan destinasi wisata Girimanik. Dalam rencana pengembangan, area wisata Girimanik sebagai salah satu lokasi yang menjadi potensi dalam penataan kawasan dan pengembangan pariwisata guna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan pemerintah daerah. Rencana pengembangan tercantum dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah Kabupaten Wonogiri Tahun 2004-2014 dan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Wonogiri tahun 2011-2031. Perencanaan didasari oleh semakin tingginya tingkat kesibukan terkait tuntutan dalam hal pekerjaan dan juga adanya beragam tekanan serta pengaruh budaya yang menyebabkan manusia semakin kehilangan waktu untuk berelaksasi. Dalam hal ini, salah satu solusinya adalah berlibur ke tempat yang lebih tenang yang jauh dari kebisingan kota. Salah satu destinasi wisata di Wonogiri yang paling diminati pengunjung ialah wisata Girimanik yang terkenal dengan air terjunnya yang terdapat di beberapa titik yang di lengkapi suasana asri. Oleh sebab itu daerah wisata Girimanik ini memiliki potensi untuk menjadi salah satu alternative pembangunan resort sebagai tempat melepas kesibukan dan juga berwisata bersama keluarga dengan metode pembangunan yang mengedepankan prinsip menjaga bumi yakni dengan penerapan pendekatan ekologi arsitektur.

Kata kunci: Wonogiri, Wisata Girimanik, Ekologi Arsitektur, Resort

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sarah, Yunisarah.yuni96@yahoo.co.idH73215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, QurrotulQurrotaayuninaarsitektur@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorJunaidi, Rahmadjunaichi@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Ekologi
Keywords: Wonogiri: Wisata Girimanik: Ekologi Arsitektur: Resort
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Sarah Yuni
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:10
Last Modified: 05 Aug 2019 09:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item