Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Pjbl Dengan Pendekatan Stem Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Rizky Aditia (2019) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Pjbl Dengan Pendekatan Stem Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Aditia Pratama_D74215105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran PJBL dengan pendekatan STEM dalam menyelesaikan masalah matematika dan menganalisis kemampuan berpikir kreatifnya. Berikutnya, peneliti menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan tes kemampuan berpikir kreatifnya dengan melihat tiga aspek kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan kebaruan (novelty). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara terstruktur. Tempat penelitian dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 26 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yang dikelompokkan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif. Data hasil tes kemudian dijadikan pedoman untuk mendeskripsikan data dan menganalisis data. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahwa siswa berkemampuan kreatif tinggi mampu menunjukkan aspek kelancaran (fluency), sedangkan untuk aspek kebaruan (novelty) siswa tersebut mampu menunjukkanya dengan memberikan pola-pola yang berbeda dengan siswa lain, dan untuk aspek keluwesan (flexibility) siswa tersebut masih belum mampu menunjukkan aspek keluwesan (flexibility). Siswa berkemampuan kreatif sedang mampu menunjukkan aspek kelancaran (fluency), sedangkan kedua subjek masih belum menunjukkan aspek kebaruan (novelty) dan aspek keluwesan (flexibility) masih. Siswa berkemampuan kreatif rendah mampu menunjukkan aspek kelancaran (fluency), sedangkan untuk aspek kebaruan (novelty) dan keluwesan (flexibility) kedua subjek masih belum mampu menunjukkannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Rizky Aditiarizaditama227@gmail.comD74215105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: kemampuan berpikir kreatif: STEM: Project Based Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pratama Rizky Aditia
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:08
Last Modified: 06 Aug 2019 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33179

Actions (login required)

View Item View Item