Penerapan strategi Card Sort untuk meningkatkan pemahaman tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri pada siswa Kelas 1A MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur Fadila, Ike (2019) Penerapan strategi Card Sort untuk meningkatkan pemahaman tema Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri pada siswa Kelas 1A MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ike Nur Fadila_D97215056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3. Hal ini dibuktikan pada saat wawancara dengan guru pengampu pembelajaran Tematik bahwa guru menggunakan metode ceramah, membaca dan menulis sehingga mayoritas siswa kurang aktif saat pembelajaran dan kurang memahami materi yang diajarkan. Hal ini dibuktikan dari hasil pre test menunjukkan bahwa dari 25 siswa, hanya 10 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga persentase Ketuntasan Pemahaman yakni 40% (Sangat Kurang) dengan nilai rata rata 65,2 (Kurang Baik). Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui strategi pembelajaran card sort. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi card sort dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri Subtema Lingkungan Sekitar Rumahku pada siswa kelas 1A MI Badrussalam Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman pembelajaran tematik Tema Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri Subtema Lingkungan Sekitar Rumahku melalui strategi card sort pada siswa kelas 1A MI Badrussalam Surabaya? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar tes butir soal pilihan ganda, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi pembelajaran card sort dapat dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat diketahui dari peningkatan skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 77,38 (Cukup) menjadi 88,09 (Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh skor 70,23 (Cukup) meningkat menjadi 85,71 (Baik) 2) Pemahaman tema 6 subtema 2 melalui penerapan strategi pembelajaran card sort mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siklus I yaitu 74 (Cukup) meningkat menjadi 83,2 (Baik) pada siklus II dengan perolehan persentase Ketuntasan Pemahaman 68% (Cukup) menjadi 84% (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur Fadila, Ikeikenurfadila@gmail.comD97215056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyah.mahfud@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Peningkatan Pemahaman; Tema 6 Subtema 2 Lingkungan Sekitar Rumahku Pembelajaran 3; Strategi Card Sort
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fadila Ike Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 08:29
Last Modified: 02 Aug 2019 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33194

Actions (login required)

View Item View Item