Pengaruh character dan capacity terhadap penyelesaian pembiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal Sidayu Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Rosalia Nur (2019) Pengaruh character dan capacity terhadap penyelesaian pembiayaan murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rosalia nur fitriyah_G74215175.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Character dan Capacity Terhadap Penyelesaian Pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal Sidayu Gresik” ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan yaitu bagaimana pengaruh character dan capacity secara parsial dan secara simultan terhadap penyelesaian pembiayaan murabahah di KSPPS Mitra Usaha Ideal Sidayu Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif melalui kuisioner dengan instrumen skala liket. Sujek dalam penelitian ini merupakan nasabah pembiayaan murabahah dengan jumlah sebanyak 97 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji validitas dan reabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Kemudian uji hipotesisi secara parsial (uji t) variabelcharacter berpengaruh signifikan dengan nilai Thitung2,309 > Ttabel sebesar 1,989, sedangkan variabel capacity tidak berpengaruh dengan nilai Thitung 1,291 <Ttabel 1,989. Kemudian untuk uji simultan kedua variabel bebas bersama-sama berpengaruh signifikan dengan nilai Fhitung 11,861 > dari Ftabel 3,09 dan nilai sig 0,000. Dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan bagi KSPPS MUI Sidayu Gresik hendaknya dapat lebih selektif dalam pemberian pembiayaan murabahah dengan lebih mempertimbangkan character dan capacity serta melihat kondisi ekonomi nasabah secara profesional sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan supaya dapat mengetahui kualitas anggotanya dalam penyelesaian pembiayaan, agar pembiayaan diterima dengan aman, lancar dan menguntungkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Rosalia NurRosalianur.fitriyah@yahoo.comG74215175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDWigati, Srisriwigatiwiwik@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Character: Capaity: Penyelesaian Pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriyah Rosalia Nur
Date Deposited: 02 Aug 2019 07:59
Last Modified: 02 Aug 2019 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33199

Actions (login required)

View Item View Item