فعالية طريقة الدائرة الداخلية والخارجية باستخدام وسيلة التعليم خلة الأسنان لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع (ب) بمدرسة دار العلوم الثانوية الإسلامية وارو سدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslikh, Achmad (2019) فعالية طريقة الدائرة الداخلية والخارجية باستخدام وسيلة التعليم خلة الأسنان لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل السابع (ب) بمدرسة دار العلوم الثانوية الإسلامية وارو سدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Muslikh_D22215023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa Asing di Indonesia, bukan bahasa sehari-hari mereka, dan bukan pula bahasa ibu. Oleh karena itu, para pembelajar Bahasa Arab kerap merasakan kesulitan ketika mempelajari bahasa tersebut. Seperti halnya yang dialami oleh siswa kelas VII MTsDarul Ulum Waru Sidoarjo, mereka kesulitan dalam menyesuaikan Cara menulisyang sesuai dengan kaidah-kaidah Bahasa Arab yang betul seperti kesulitan dalam keterampilan menulis. Dengan adanya kesulitan tesebut, muncul salah satu metode Inside Outside Sircle menggunakan metode Thootpick Game (permaian tusuk gigi) untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VIIB di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kemampuan menulis (2) untuk mengethui pembelajaran melalui metode Inside Outside Sircle serta menggukan media Thootpick Game untuk meningkatkan keterampilan menulis. (3) untuk mengetahui tata cara praktek melalui metode Inside Outside Sircle serta menggukan media Thootpick Game untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas VIIB di MTs Darul Ulum. Untuk menjawab argumen tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kuantitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIIB MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo, total satu kelas yaitu 35 anak didik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bagaimana cara menulis kosa kata dengan benar dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa yaitu pratek metode Inside Outside Sircle serta dengan menggunakan media Thootpick Game untuk meningkatkan minat menulis bahasa Arab. Sebab-sebab penerapan adalah inteferensi bahasa, ketinggian dalam generalisasi, kosa kata bahasa yang baru, penerapan kaidah yang kurang lengkap, asumsi yang salah. dan solusi untuk meminimalisir kesalahan praktek tersebut, peneliti menyarankan kepada guru agar menggunakan penerapan metode Inside Outside Sircle serta salah atu media Thootpick Game untuk meningkatkan minat menulis, nampaknya metode dan media tersebut akan mendukung dan menambah pemahaman siswa dalam belajar Bahasa Arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslikh, Achmadmouzker.liey93@gmail.comD22215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Efektifitas Metode: Media: serta Keterampilan Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muslikh Achmad
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:55
Last Modified: 06 Aug 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33202

Actions (login required)

View Item View Item