Implementasi strategi pemasaran pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTS Darul Ulum Ngabar Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subagiyo, Dyta Alvionita Indira (2019) Implementasi strategi pemasaran pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTS Darul Ulum Ngabar Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dyta Alvionita Indira Subagyo_D03215009.pdf

Download (10MB)

Abstract

Hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya persaingan dalam hal pemasaran yang dilakukan sekolah-sekolah lain untuk mendapatkan calon pendaftar peserta didik baru. Madrasah ini memiliki strategi yang berbeda untuk memasarkan sekolahnya kepada masyarakat dan calon peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan di MTS Darul Ulum Ngabar, kegiatan ekstrakurikuler di MTS Darul Ulum Ngabar, dan implementasi strategi pemasaran pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTS Darul Ulum Ngabar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Dalam proses pencarian data peneliti, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis dan intrepetasi data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi berupa trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTS Darul Ulum Ngabar Mojokerto sudah menerapkan 7P untuk keberhasilan sekolah dalam jangka panjang yakni: 1) Produk, memiliki produk yang berbeda dari sekolah lainnya yakni kegiatan baca tulis Al-Quran, kegiatan ekstrakurikuler drumband, beladiri, pramuka, futsal, voli, basket. 2) Harga yang ditetapkan tidak berubah meskipun siswa mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler tidak ada biaya tambahan lagi. 3) Tempat, untuk latihan atau pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat dilaksanakan di dalam ataupun di luar sekolah. Dan lingkungan sekolah yang sangat medukung dan luas untuk dibuat latihan-latihan kegiatan ekstrakurkuler. 4) Orang, tenaga pendidik yang berkualitas.Dengan dibuktikan pihak-pihak yang mendidik atau melatih kegiatan ekstrakurikuler dipilih yang benar-benar berpengalaman, profesional dalam mengajar dan handal. 5) Promosi, strategi pemasaran promosi yang berbeda dengan sekolah yang lainnya yakni melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dipamerkan kepada masyarakat dan juga kepada calon peserta didik baru agar tertarik untuk mendaftar disekolah tersebut. 6) Proses, yang diberikan saat pelatihan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler melalui pembinaannya sudah sesuai jadwal yang telah diatur dan berjalan secara lancar mulai dari latihan setiap minggunya, persiapan untuk lomba-lomba sampai pelaksanaannya berjalan sesuai jadwal. 7)Bukti Fisik, sarana prasaran yang sudah lengkap dan memadai untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler, lapangan yang luas untuk latihan-latihan kegiatan ekstrakurikuler, alat-alat kegiatan ekstrakurikuler yang lengkap untuk dipakai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subagiyo, Dyta Alvionita Indiradytaalvio97@gmail.comD03215009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pemasaran; ekstrakulikuler;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Subagiyo Dyta Alvionita Indira
Date Deposited: 05 Aug 2019 06:24
Last Modified: 05 Aug 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33230

Actions (login required)

View Item View Item