Prediksi laju inflasi menggunakan metode ARIMA Kalman Filter dI Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Irur Khoirur (2019) Prediksi laju inflasi menggunakan metode ARIMA Kalman Filter dI Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khoirur Rohmah_H02214006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Inflasi mempunyai peran penting dalam perekonomian suatu daerah. Infasi menguntungkan saat para pengusaha memperluas produksinya yang dapat berdampak penambahan tenaga kerja baru. Namun, apabila harga barang dan jasa meningkat bisa berpengaruh pada masyarakat yang memiliki penghasilan menetap karena bila ditukarkan dengan harga barang dan jasa akan semakin sedikit. untuk mengurangi dampak dari inflasi maka perlu dilakukan prediksi, salah satunya adalah menggunakan metode ARIMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi laju inflasi dengan menggunakan metode ARIMA Kalman Filter di Surabaya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan Model ARIMA terbaik untuk peramalan data inflasi diperoleh model ARIMA (2, 1, 0). Prediksi laju inflasi menggunakan Kalman Filter diperoleh hampir mendekati data aktual yaitu pada bulan Januari 2019 = 0.33, Februari 2019 = 0.19, Maret 2019 = 0.15 dan April 2019 = 0.43. Pada simulasi ARIMA Kalman Filter diperoleh nilai MAPE sebesar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Irur Khoirurkhoirrohmah@gmail.comH02214006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, Arisarisfa@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: ARIMA; Kalman Filter; Inflasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Rohmah Nur Khoirur
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:13
Last Modified: 07 Aug 2019 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33238

Actions (login required)

View Item View Item