Ḥusn al Ẓann sebagai metode Psikoterapi dalam mengatasi konflik santri di Pesantren Bismar al Mustaqim Semolowaru Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhamad Syihabul (2019) Ḥusn al Ẓann sebagai metode Psikoterapi dalam mengatasi konflik santri di Pesantren Bismar al Mustaqim Semolowaru Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Syihabul Umam_E07215018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang konflik santri dan bagaimana metode penyelesaiannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif naratif. Subjek dalam penelitian ini adalah santri yang ada di pesantren Bismar al-Mustaqim Semolowaru Surabaya. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebuah teknik bagaimana menyelesaikan berbagai permasalahan seseorang. Ḥusn al-ẓann atau berprasangka positif dinilai dapat menjadi terobosan dalam menangani masalah tersebut. Sebagai indikator untuk mengetahui efektivitas psikoterapi ini, maka dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan tiga tahapan yang meliputi awal, tengah dan akhir. Pesantren sebagai lembaga pendidikan yang banyak kontribusinya dalam membentuk karakter anak, sangat urgen jika ḥusn al-ẓann diterapkan sebagai metode psikoterapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhamad Syihabulsyihabul19umam@gmail.comE07215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzum@uinsby.ac.idiUNSPECIFIED
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Keywords: Konflik; husn al zann; Psikoterapi; Pesantren dan Santri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Umam Muhamad Syihabul
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:39
Last Modified: 06 Aug 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33244

Actions (login required)

View Item View Item