التقديم والتأخير وفائدتهما في سورة التوبة: دراسة بلاغية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hurin'in, Hurin'in (2019) التقديم والتأخير وفائدتهما في سورة التوبة: دراسة بلاغية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hurin'in_A91215104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taqdim dan Ta’khir beserta Faedahnya dalam Surat At-Taubah
Ilmu balaghah adalah ilmu yang berkaitan dengan perkataan, yaitu mengenai susunannya, maknanya, pengaruh jiwa terhadapnya, serta keindahan dan ketetapan pemilihan kata yang sesuai. Salah satu pembahasan yang penting dalam ilmu balaghah adalah kajian tentang taqdim dan ta’khir. Taqdim adalah perpindahan tempat antara satu kata dengan kata lain. Adanya Taqdim maka mengharuskan juga ta’khir, karena taqdim dan ta’khir tidak sekedar bertukar tempat, akan tetapi hal tersebut juga mempunyai tujuan bersifat retrotika. taqdim dan ta’khir termasuk dalam pembahasan ilmu ma’ani. Taqdim dan ta’khir memiliki bentuk dan faedahnya masing-masing. Objek kajian penelitian adalah surat al- taubah yang terdiri dari 129 ayat, surah ke 9 dalam al-qur’an, dan termasuk surat Makkiyah. Dinamakan At-taubah yang berarti “pengampunan atau melepaskan diri” surat ini berisikan peryataan pemutusan perjanjian damai dengan kaum musyrikin. Adapun pokok permasalahan dalam pembahasan ini: 1) Bentuk-bentuk taqdim dan ta’khir dalam surat at-taubah. 2) Faidah-faidah taqdim dan ta’khir dalam surat at-taubah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini termasuk dalam kategori kepustakaan. Sumber penelitian tersebut yakni al-qur’an dalam surat at-taubah, sedangkan data sekunder tersebut antara lain berupa buku-buku balaghah, kitab-kitab tafsir yang megandung taqdim dan ta’khir dalam surat at-taubah. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa didalam surat at-taubah terdapat 106 data yang terdiri dari 53 bentuk yaitu taqdim Adz-dzikri (mendahulukan sifat) ditemukan 6 ayat, taqdim littarqi (mendahulukan sesuatu yang mengagungkan) ditemukan 11 ayat, taqdim Al-Aliiq bi siya’qi (mendahulukan konteks) ditemukan 18 ayat, taqdim ma’nawi (mendahulukan makna) ditemukan 18 ayat. Dan 53 faidah taqdim dan ta’khir, yaitu taqaddum al-ta’dzim ditemukan 1 ayat, al-taqaddum bi al-syaraf ditemukan 4 ayat, taqaddum munasabah ditemukan 16 ayat, taqaddum al-sabaq ditemukan 8 ayat, taqaddum al-sababiyah ‘ala al- musabbab ditemukan 2 ayat, taqaddum al-katsrah ditemukan 2 ayat, tarky min a’la ila adna ditemukan 1 ayat, liyatamakana khabar fii dihni sami’ ditemukan 7 ayat, ta’jil al-masaati ditemukan 4 ayat, tabaruki bihi ditemukan 2 ayat, takhsis ditemukan 3 ayat, ta’mim ditemukan 1 ayat, tanbih ditemukan 1 ayat, dan al-ibahamu ditemukan 1 ayat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hurin'in, Hurin'inhurin'iin96@gmail.comA91215104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAqib, KharisuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Taqdim-Ta'khir; Studi Balaghah; Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Hurin 'in
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:22
Last Modified: 08 Aug 2019 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33264

Actions (login required)

View Item View Item