Melacak Proses Modernisasi Perguruan Tinggi Islam: Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya 1973-2013

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Davit, Davit (2019) Melacak Proses Modernisasi Perguruan Tinggi Islam: Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya 1973-2013. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Davit_A02215004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses modernisasi di IAIN Sunan Ampel Surabaya yang berjudul “Melacak Proses Modernisasi Perguruan Tinggi Islam: Studi Kasus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya 1973-2013”. Dengan fokus permasalahan : (1) Bagaimana profil Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana proses modernisasi di Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (3) Faktor-faktor apa saja yang melatar belakangi modernisasi di Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya?. Dalam penulisan skripsi ini, menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan dan teori sistem yang diadaptasi oleh Azyumardi Azra dari Don Adams.Teori ini berangkat dari asumsi bahwa perubahan yang terjadi di masyarakat merupakan sebuah variabel dalam menentukan modernisasi di dunia pendidikan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya berdiri pada tahun 1965. Adapun saat ini (2019), UIN Sunan Ampel sudah mempunyai 9 fakultas dan Program Pascasarjana, dengan terdiri dari 58 program studi yang diantaranya 44 program studi Sarjana, 10 program studi Magister, dan 4 program studi Doktoral. (2) Proses panjang modernisasi yang terjadi di IAIN Sunan Ampel adalah berawal dari pengayaan pengetahuan bahasa asing bagi mahasiswanya. Kemudian muncul Wider Mandate, yang akhirnya ditindak lanjuti dengan konversi IAIN menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya. (3) Latar belakang yang menjadi dasar modernisasi di IAIN Sunan Ampel Surabaya adalah adanya tantangan zaman sebagai dampak dari perkembangan zaman dan terdapatnya paradigma keilmuan yang terjadi di kalangan Intelektual Muslim serta tuntutan masyarakat dan dunia kerja yang melanda kehidupan di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Davit, Davitdavit.96@yahoo.comA02215004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochimah, RochimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan Islam
Pemikiran
Keywords: Perguruan Tinggi Islam; Modernisasi; IAIN Sunan Ampel.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Davit Davit
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:11
Last Modified: 07 Aug 2019 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33271

Actions (login required)

View Item View Item