Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra dengan pembentukan kedisiplinan Peserta Didik Di SMA YPM 2 Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Khurotul (2019) Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra dengan pembentukan kedisiplinan Peserta Didik Di SMA YPM 2 Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khurotul A'yun_D01215019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler paskibra yang ada di SMA YPM 2 Sukodono? (2) bagaimana kondisi kedisiplinan peserta didik di SMA YPM 2 Sukodono (3) apakah terdapat korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler paskibra dengan pembentukan kedisiplinan peserta didik di SMA YPM 2 Sukodono? Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sikap peserta didik dalam proses kegiatan belajar di lingkungan sekolah, serta kedisiplinan pada peserta didik semakin mengikis seiring berkembangnya zaman. Kedisiplinan sangat penting sebab kedisiplinan sangat berguna sebagai kunci keberhasilan dan kesuksesan seseorang.
Data-data penelitian ini dihimpun dari peserta didik anggota paskibra di SMA YPM 2 Sukodono sebagai objek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan analisis product moment . Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan product moment, dapat disimpulkan bahwa : (1) persentase implementasi kegiatan ekstrakurikuler paskibra yang ada di SMA YPM 2 Sukodono menunjukkan bahwa hasil prosentasenya yakni 89 termasuk dalam kategori baik, (2) sedangkan persentase kondisi kedisiplinan peserta didik di SMA YPM 2 Sukodono bernilai 90 termasuk dalam kategori baik, (3) ada korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler paskibra dengan pembentukan kedisiplinan peserta didik di SMA YPM 2 Sukodono, diperoleh nilai sebesar 0,730, dengan demikian korelasi ini termasuk kategori “kuat”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Khurotulayunk606@gmail.comD01215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2005076701
Thesis advisorMahmudi, Mahmudidigilib@uinsby.ac.id2002025501
Subjects: Kepribadian
Etika
Kepemimpinan
Keywords: Kegiatan Ekstrakurikuler; Paskibra; Kedisiplinan;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A'yun Khurotul
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:55
Last Modified: 12 Aug 2019 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33289

Actions (login required)

View Item View Item