Tasawuf Kh. Ahmad Dimyathi Romly Dalam Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah Rejoso : Kajian Perspektif Syari’at, Ma’rifat, Thoriqoh Dan Hakikat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Aulia Ummu (2019) Tasawuf Kh. Ahmad Dimyathi Romly Dalam Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah Rejoso : Kajian Perspektif Syari’at, Ma’rifat, Thoriqoh Dan Hakikat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Ummu Latifah N.Q_E07215002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah merupakan Thoriqoh yang tersebar di Nusantara termasuk di Indonesia. Sehingga jama’ah Thoriqoh tersebar dibeberapa provinsi sampai di Kabupaten dengan istilah nama organisasi yang bermacam-macam. Dalam silsilah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah Rejoso memiliki keragaman, seperti ketika pada masa kemusryidan KH. Ahmad Dimyathi Romly. Adapun itu pengembangan Thoriqoh tersebut disebutkan dengan nama Organisasi Ikatan Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah (ITQON) Rejoso Peterongan Jombang. penulis juga membatasi masalah yang tejadi pada perpecahan cabang Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Rejoso, di Cukir juga di Sawahpulo Surabaya. Sehingga Metodologi yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif (field kualitatif). Sehingga penjelasan dan penyelesaian masalah dari topik tersebut berdasarkan fakta lapangan dengan sumber dan pengetahuan dari obyek yang diteliti. Sebagaimana yang telah diungkapkan dalam kitab Tsamrotul Fikriyah, yang menjelaskan ruang lingkup mengenai Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Rejoso Peterongan Jombang. Sehingga penulis juga menjelaskan maksud dan macam-macam Muro>qabah dan zikir yang masih menjadi kekhasan Thoriqoh tersebut. Oleh sebab itu penjelasan mengenai Syari’at, Tarekat, Ma’rifat dan Hakikat yang dapat disebutkan pada penjelasan penelitian ini. Alhasil penyampaian tersebut menemukan titik terang bagi cabang Thoriqoh yang menyebar di Jawa Timur. begitu juga dengan amanah dari sang guru dalam masing-masing ajaran Tasawuf pada cabang Thoriqoh di Jawa Timur. begitu juga dengan ajaran Thoriqoh KH. Ahmad Dimyathi Romly yang melestarikan ajaran para pendahulunya sebagaimana terungkap pada kitab Thamrotul Fikriyah yang beliau perbaharui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Aulia Ummuaulia16latifah@gmail.comE07215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, GhoziUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorIchwayudi, BudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Keywords: Ikatan Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah (ITQON), KH. A. Dimyathi Romly, kekhasan Thoriqoh
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Latifah Aulia Ummu
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:57
Last Modified: 06 Aug 2019 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33290

Actions (login required)

View Item View Item