Kesenian Islam Jemblung di Kabupaten Kediri: studi tentang asal-usul, unsur-unsur, dan nilai-nilai Islam dalam kesenian Islam Jemblung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Anwar dwi (2019) Kesenian Islam Jemblung di Kabupaten Kediri: studi tentang asal-usul, unsur-unsur, dan nilai-nilai Islam dalam kesenian Islam Jemblung. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Anwar Dwi Saputra_A22212169.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “KESENIAN ISLAM JEMBLUNG DI KEDIRI (Studi Tentang Asal-Usul, Unsur-Unsur, Dan Nilai-Nilai Islam Dalam Kesenian Islam Jemblung)”. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi adalah (1)Bagaimana munculnya kesenian Jemblung di Kediri (2)Apa saja unsur-unsur yang terdapat dalam Kesenian Islam Jemblung di Kabupaten Kediri(3) Apa nilai-nilai yang terkandung pada Kesenian Islam Jemblung di Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kebudayaan yakni pertama pengumpulan data, wawancara, observasi, dokumentasi, mengolah data, analisis data yang terakhir adalah interpretasi. Pendekatan antropologi digunakan untuk menjelaskan bagaimana mengetahui kesenian Jemblung di Kediri. Teori yang digunakan teori etnomusikologi untuk menganalisa kekayaan musik itu sendiri serta fungsi dan makna bagi masyarakat. Peneliti menyimpulkan bahwa Jemblung merupakan jarwo dosok yang berarti jenjem-jenjem ewong gemblung (rasa tenteram yang dirasakan oleh orang gila). Pengertian ini diperkirakan bersumber dari tradisi pementasan Jemblung yang menempatkan pemain kesenian ini seperti layaknya orang gila. Sumber lain menyebutkan istilah Jemblung berasal dari kata gemblung yang artinya gila. Jemblung di Kediri berawal dari mitos Sunan Ngudung yang pernah bersemedi dan mendapatkan mimpi berdzikir sambil diiringi rebana dan jidor yang berbunyi “blung” yang menjadi cikal bakal kesenian Jemblung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Anwar dwiaanwars212@gmail.comA22212169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, LailatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Musik
Keywords: Islam Jemblung
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Saputra Anwar Dwi
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:33
Last Modified: 08 Aug 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33297

Actions (login required)

View Item View Item