Analisis respon siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi solo dibedakan dari tingkat Adversity Quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Pingki Nurlathifa (2019) Analisis respon siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi solo dibedakan dari tingkat Adversity Quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pingky Nurlathifa Ningrum_D74215065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Respon siswa adalah tanggapan dari seorang siswa. Tingkat respon siswa berbeda-beda sesuai dengan pemahaman setiap siswa, salah satu cara untuk mengidentifikasi respon siswa adalah menggunakan taksonomi SOLO. Peran taksonomi SOLO adalah untuk menentukan kualitas respon siswa terhadap masalah yang diberikan. Peneliti akan menggunakan kelima level kategori dalam taksonomi SOLO untuk menelaah respon siswa dalam memecahkan masalah salah satunya adalah masalah matematika. Daya juang setiap siswa dalam memecahkan masalah berbeda-beda. Perbedaan daya juang tersebut ditentukan oleh tingkat adversity quotient (AQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan respon siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO dibedakan dari tingkat adversity quotient. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 2 Lamongan yang dibedakan pada tiga tingkat adversity quotient, yaitu: quitter, camper, dan climber. Dari 33 siswa diambil 6 siswa sebagai subjek penelitian dengan ketentuan 2 siswa quitter, 2 siswa camper, dan 2 siswa climber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode wawancara berbasis tugas. Hasil dari analisis data pada penelitian ini adalah mengklasifikasikan respon masing-masing subjek berdasarkan level pada taksonomi SOLO yaitu: prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstract. Setelah data hasil penelitian dianalisis, dapat diketahui bahwa respon subjek quitter berada pada level prastruktural, respon subjek camper berada pada level multistruktural, sedangkan respon subjek climber berada pada level relasional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Pingki Nurlathifapingkilathifa221@gmail.comD74215065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ningrum Pingki Nurlathifa
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:23
Last Modified: 06 Aug 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33311

Actions (login required)

View Item View Item