Profil Penalaran Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Mariati Imroatus (2019) Profil Penalaran Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mariati Imroatus Sholikhah_D74215097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran logis yaitu aktivitas mental yang melibatkan 1) kemampuan mengumpulkan fakta, 2) membangun dan menetapkan asumsi, 3) menilai dan menguji asumsi, 4) menetapkan generalisasi, 5) membangun argumentasi, 6) menguji kebenaran argumen, dan 7) menetapkan kesimpulan. Salah satu hal yang berkaitan dengan penalaran logis siswa ialah gaya berpikir yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran logis siswa dalam menyelesaikan masalah logika matematika ditinjau dari gaya berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak abstrak, dan acak konkret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa bergaya berpikir sekuensial konkret, 2 siswa bergaya berpikir sekuensial abstrak, 2 siswa bergaya berpikir acak abstrak, dan 2 siswa bergaya berpikir acak konkret di kelas XI-MIPA SMAN 1 Porong. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator penalaran logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkret mampu pada indikator satu, tiga, empat dan tujuh, tetapi kurang mampu pada indikator dua, dan tidak mampu pada indikator lima dan enam. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak mampu pada indikator satu, tiga, empat dan tujuh, tetapi kurang mampu pada indikator dua, dan tidak mampu pada indikator lima dan enam. Siswa acak abstrak mampu pada indikator tiga dan empat, tetapi kurang mampu pada indikator satu, dua, dan tujuh, serta tidak mampu pada indikator lima dan enam. Siswa acak konkret mampu pada indikator satu dan empat, tetapi kurang mampu pada indikator dua, tiga, dan tujuh, serta tidak mampu pada indikator lima dan enam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Mariati Imroatusmariati.imroatus@gmail.comD74215097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUswah Sadieda, Lisanullisanuluswah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: penalaran logis; logika matematika; gaya berpikir.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mariati Imroatus Sholikhah
Date Deposited: 07 Aug 2019 06:45
Last Modified: 07 Aug 2019 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33313

Actions (login required)

View Item View Item