Autentisitas subjek dalam novel “Dawuk Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu” Karya Mahfud Ikhwan Kajian Eksistensialisme Jean Paul Sartre

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa', Lailatul Ni'matin (2019) Autentisitas subjek dalam novel “Dawuk Kisah Kelabu Dari Rumbuk Randu” Karya Mahfud Ikhwan Kajian Eksistensialisme Jean Paul Sartre. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Ni'matin Nisa'_E91215029.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dikaji untuk meneliti keaslian subjek dalam novel Dawuk Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu menelaah terhadap karya sastra untuk menggali nilai-nilai dari karya kreatif menadi ilmu pengetahuan. Guna dilakukan penelitian ini bermaksud untuk melihat kandungan makna dalam kajian nilai eksistensialisme secara umum. Eksistensialisme tidak jauh dari pertanyaan kesadaran dan kebebasan manusia untuk menghindar dari objektivitas demi mencapai titik kesadaran memperjuangkan subjektifitasnya.Permasalahan dalam mencapai kebenaran subjek yang diwakilkan oleh tokoh Mat Dawuk dan Inayatun, dalam novel ini peneliti menggunakan teori eksistensialisme mengenai gagasan autentisitas dalam subjek melalui skema alur menemukan kebenarannya. Kajian eksistensialisme ini mungkin penelitian mempertanyakan kebebasan manusia untuk menghindar dari objektivitas demi menemukan kesadaran memperjuangkan subjektifitasnya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bentuk hasil perjuangan individu menjadi darinya sendiri dengan mengekpresikan segala wujud tindakan maupun perbuatan eksistensialisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa', Lailatul Ni'matinLailatulnisa08@gmail.comE91215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, MukhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat WakhidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Eksistensialisme, kebenarasan subjektif, humanisme.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nisa' Lailatul Ni'matin
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:39
Last Modified: 06 Aug 2019 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33318

Actions (login required)

View Item View Item