Kemampuan Adsorpsi Karbon Aktif dari Limbah Kulit Singkong terhadap Logam Timbal (Pb) menggunakan Sistem Kontinyu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cendekia, Aghni Maghfirana (2019) Kemampuan Adsorpsi Karbon Aktif dari Limbah Kulit Singkong terhadap Logam Timbal (Pb) menggunakan Sistem Kontinyu. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cendekia Aghni Maghfirana_H75215027.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kulit singkong merupakan limbah yang dihasilkan dari industri pengolahan makanan dan tapioka. Salah satu upaya pemanfaatannya yaitu dengan cara digunakan sebagai bahan baku karbon aktif untuk mengadsorpsi logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan adsorpsi karbon aktif dari limbah kulit singkong terhadap logam timbal (Pb) menggunakan sistem kontinyu serta mengetahui perbedaan kemampuan adsorpsinya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan variasi laju alir adsorpsi yang digunakan sebesar 5 dan 15 mL/menit, sedangkan variasi bed depth adsorben digunakan setinggi 10 dan 15 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penyerapan pada variasi laju alir adsorpsi 5 dan 15 mL/menit berturut-turut sebesar 99,32% dan 99,41%. Sedangkan rata-rata penyerapan pada variasi bed depth adsorben 10 dan 15 cm berturut-turut sebesar 98,90% dan 99,32%. Perbedaan kemampuan penyerapan pada variasi laju alir adsorpsi dan bed depth adsorben tidak berbeda secara signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cendekia, Aghni Maghfiranacendekiaa@gmail.comH75215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi WaznaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Maghfirana Cendekia Aghni
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:11
Last Modified: 12 Aug 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33322

Actions (login required)

View Item View Item