Pengelolaan pembelajaran berbasis Sistem Kredit Semester dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wati, Devi Norma (2019) Pengelolaan pembelajaran berbasis Sistem Kredit Semester dalam meningkatkan prestasi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi norma wati_D03215005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat judul Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini dilatar belakangi oleh suksesnya program-program yang dilaksanakan di madrasah. Diantaranya program pembelajaran berbasis SKS yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar dan meningkatkan prestasinya. Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian, yaitu konsep sistem kredit semester, penerapan pembelajaran berbasis sistem kredit semester, dan pengelolaan pembelajaran berbasis sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi siswa di MAN 1 Mojokerto. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan cara pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan tiga hal penting. Pertama, konsep sistem kredit semester yang di dalamnya menjelaskan langkah-langkah, tujuan, peraturan-peraturan serta struktur organisasi SKS. Kedua, penerapan pembelajaran berbasis sistem kredit semester yang di dalamnya menjelaskan sosialisasi kepada wali murid dengan menunjukkan bukti-bukti contoknya SK bahwa madrasah benar menerapkan pembelajaran berbasis SKS, tugas pembimbing akademik / wali kelas, rasio SDM serta fasilitas yang merata. Ketiga, pengelolaan pembelajaran berbasis sistem kredit semester dalam meningkatkan prestasi siswa yang di dalamnya menjelaskan peningkatan prestasi siswa dari tahun ke tahun, cara mengevaluasi prestasi siswa dan evaluasi pengelolaan pembelajaran SKS di MAN 1 Mojokerto. Dengan adanya pengelolaan pembelajaran maka akan mengingkatkan kualitas mutu pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wati, Devi Normadevinormawati12@gmail.comD03215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengelolaan; SKS; Prestasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wati Devi Norma
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:56
Last Modified: 05 Aug 2019 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33326

Actions (login required)

View Item View Item