Fazlur Rahman Sebagai Tokoh Pembaharu Dalam Islam (1919 - 1988 M/1337 - 1408 H)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisya, Isnaini Fauziatun (2019) Fazlur Rahman Sebagai Tokoh Pembaharu Dalam Islam (1919 - 1988 M/1337 - 1408 H). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isnaini Fauziatun Nisya_A92215090.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Fazlur Rahman sebagai Tokoh Pembaharu dalam Islam (1919 M- 1988 M)”. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang kehidupan dan pendidikan Fazlur Rahman? 2) Apa kontribusi pemikiran Fazlur Rahman terhadap pembaharuan dunia Islam? 3) Bagaimana pengaruh pemikiran-pemikiran Fazlur Rahman terhadap cendekiawan muslim di Indonesia?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan deskriptif analis dengan pendekatan historis-sosiologis. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: Heuristik (pengumpulan data), Verifikasi (mengkritisi data), Interpretasi (penafsiran data) dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan historis-sosiologis. Pendekatan historis diharapkan mampu mengungkapkan apa saja yang melatarbelakangi pemikiran seorang Fazlur Rahman. Sedangkan pendekatan sosiologis diharapkan mampu untuk mengungkapkan pengaruh pemikiran Fazlur Rahman terhadap cendekiawan Muslim di Indonesia. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa: 1) Fazlur Rahman adalah seorang tokoh ilmuan Muslim yang berasal dari Pakistan. Ia terkenal dengan pemikiran Neomodernismenya. Ia lahir di Hazara tepatnya pada tanggal 21 September 1919. Ia merupakan dosen di Universitas Chicago hingga akhir hayatnya. 2) sebagai tokoh pembaharu Fazlur Rahman menghasilkan banyak pemikiran, diantaranya adalah metodologi Tafsir Al-Qur’an, Hukum Islam Pendidikan Islam, Konsep Negara Islam. 3) Ahmad Syafii Maarif dan Nurcholish Madjid adalah dua tokoh ilmuan Muslim dari Indonesia yang terpengaruh oleh pemikiran Fazlur Rahman. Keduanya merupakan myrid Fazlur Rahman ketika menimba ilmu di Universitas Chichago.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisya, Isnaini Fauziatunisnainifauziatunnisya@gmail.comA92215090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzay_74@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Fazlur Rahman; Pembaharu; Ahmad Syafii Maarif; Nurcholish Madjid.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nisya Isnaini Fauziatun
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:57
Last Modified: 08 Aug 2019 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33335

Actions (login required)

View Item View Item