Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kepuasan orang tua siswa di SMA Al-Islam Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Dina Umami (2019) Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kepuasan orang tua siswa di SMA Al-Islam Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Digilib_Dina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Meningkatkan Kepuasan Orang Tua Siswa di Sekolah Menengah Atas Al-Islam Krian. Hal tersebut dilatar belakangi oleh penerapan sistem informasi manajemen pendidikan di SMA Al-Islam Krian sangat penting karena sistem tersebut bisa memberikan informasi kepada oreang tua siswa terhadap anaknya selama di sekolah serta mengurangi kekhawatiran orang tua terhadap anaknya. Melalui informasi tersebut orang tua merasa terbantu dan memberikan respon yang baik kepada sekolah atas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem informasi manajemen pendidikan di SMA Al-Islam Krian, mendeskripsikan kepuasan orang tua siswa di SMA Al-Islam Krian, dan mendeskripsikan dan menganalisis penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kepuasan orang tua siswa di SMA Al-Islam Krian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kepuasan orang tua siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sistem informasi manajemen pendidikan merupakan sistem informasi di bidang administrasi dan akademik yang bisa memberikan informasi kepada orang tua siswa melalui grup WhatsApp khusus yang dibuat oleh wali kelas yang beranggotakan wali kelas dengan orang tua siswa serta surat edaran yang dibuat oleh sekolah. Sehingga orang tua merasa terbantu dengan informasi tersebut. (2) Salah satu kepuasan orang tua yaitu tidak adanya complain yang diberikan kepada sekolah serta bertambahnya jumlah siswa pertahun. Bahkan mereka memberikan ucapan terimakasih karena sudah memberikan pelayanan yang terbaik untuk orang tua dan anaknya di sekolah.(3) Sistem informasi manajemen pendidikan merupakan sistem yang memberikan informasi kepada orang tua siswa, informasi yang berisi tentang kegiatan anaknya selama disekolah. Jika sekolah memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang tua maka dapat memberikan kepercayaan terhadap sekolah tersebut.
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Kepuasan Orang Tua

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Dina UmamiDinaumami1997@gmail.comD03215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanani, A. Zhazfanus21@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuda, Nurilreal_bjn80@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maghfiroh Dina Umami
Date Deposited: 05 Aug 2019 05:13
Last Modified: 05 Aug 2019 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33342

Actions (login required)

View Item View Item