Peningkatan pemahaman siswa melalui strategi card sort materi sholat fardlu mata pelajaran Fikih di kelas II MI Miftahul Ulum Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatin, Ida Ziyadatur (2019) Peningkatan pemahaman siswa melalui strategi card sort materi sholat fardlu mata pelajaran Fikih di kelas II MI Miftahul Ulum Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Ziyadatur Rohmatin_D07215015.pdf

Download (996kB)

Abstract

Penelitianinidilakukankarena guru kurang menggunakan strategi atau strategi yang bisa membantu proses belajar mengajar. Beberapa siswa belum mampu memahami Sholat Fardlu secara maksimal. Tolak ukur pemahaman dilihat dari hasil belajar siswa sebelumnya yaitu 48,57% belum memenuhi criteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu peneliti melakukan perbaikan pemahaman dalam pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi card sort.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan pemahaman mata pelajaran Fikih materi Shalat bagi siswa kelas II MI Miftahul Ulum Menganti ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa melalui strategi pembelajaran Card Sort mata pelajaran Fikih materi Shalat bagi siswa kelas II MI Miftahul Ulum ? Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Menganti Gresik. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran card sort berjalan baik karena dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Pada penelitian ini diperoleh hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 87,5 (Baik) meningkat menjadi 100 (Sangat baik) pada siklus II. Perolehan nilai hasil observasi siswa pada siklus I adalah 43,52 (Sangat kurang) meningkat menjadi 98,6 (Sangat Baik) pada siklus II. 2) Data hasil belajar menunjukan peningkatan pemahaman siswa pada pra siklus memperoleh persentase hasil belajar 48,57% dengan rata-rata 76,74 (Cukup), siklus I memperoleh persentase hasil belajar 75% dengan rata-rata 74,43 (Cukup) dan siklus II memperoleh persentase hasil belajar 90% (Sangat Baik) dengan rata-rata 80,5 (Baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatin, Ida Ziyadaturziyadaturida@gmail.comD07215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uUNSPECIFIED
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Salat
Keywords: Strategi Card Sort: Pemahaman: Materi Sholat Fardlu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmatin Ida Ziyadatur
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:50
Last Modified: 06 Aug 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33375

Actions (login required)

View Item View Item