Pencapaian kebahagiaan dalam Suluk Wahidiyah: studi kasus Pengamal Wahidiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizwanda, Abdul madjid (2019) Pencapaian kebahagiaan dalam Suluk Wahidiyah: studi kasus Pengamal Wahidiyah Surabaya. Undergraduate thesis, Fakultas Ushuludin dan Filsafat.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Rizwanda_E07215021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini, membahas tentang pencapaian kebahagiaan dalam suluk Wahidiyah. Adapun tujuan diadakannya riset ini ialah menjelaskan makna kebahagiaan dan cara yang musti ditempuh untuk mencapai kebahagiaan dalam perspektif para pengamal Wahidiyah. Untuk meneliti kedua hal tersebut, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data meliputi tiga tahap, yakni reduksi data, klasifikasi data dan generalisasi. Perlu diketahui, objek material riset ini adalah institusi penyiar Shalawat Wahidiyah Surabaya. Jadi, seluruh data yang penulis dapatkan tentang riset ini semua berasal dari para pengamal Wahidiyah di Surabaya. Dari penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat menyimpulkan bahwa kebahagiaan menurut para pengamal Wahidiyah adalah ketenangan batin saat tujuan akhir yang mereka dambakan telah tercapai, yakni merasakan kedekatan dengan Allah. Sehingga dari sini muncullah situasi psikologis, di mana segala aktivitas yang mereka kerjakan semata-mata disandarkan hanya karena Allah dan bersama Allah. Adapun jalan yang mereka tempuh untuk mencapai keadaan tersebut meliputi dua cara. Pertama, dengan melakukan segala perkara yang dapat mendatangkan manfaat (pengabdian). Dan terakhir, yakni dengan memahami, menginternalisasikan dan mengaplikasikan seluruh kandung doktrin suluk Wahidiyah dalam kehidupan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizwanda, Abdul madjidRiswandaam@gmail.comE07215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDr. Suhermanto, M.Hum, Suhermantosuhermanto.jafar@gmailUNSPECIFIED
Thesis advisorDr. H. Mukhlisin Saad, M.Ag, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo .comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Tasawuf
Keywords: Suluk; kebahagiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Madjid Rizwanda Abdul
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:51
Last Modified: 05 Aug 2019 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33380

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item