تحليل اكتساب الكفاءة التداوليه في عملية الترجمة من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية للطلاب في فصل الترجمة الشفهية كلية التربية قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harirotun Nafisah, Harirotun Nafisah (2019) تحليل اكتساب الكفاءة التداوليه في عملية الترجمة من اللغة العربية إلى اللغة الإندونيسية للطلاب في فصل الترجمة الشفهية كلية التربية قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Harirotun Nafisah_D02215010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manusia menggunakan tuturan yang jelas dalam percakapan mereka sehingga pendengar langsung menerima arti dari percakapan secara langsung. Tetapi sebaliknya manusia malah menggunakan maksud yang tersembunyi sehingga pendengar diharuskan menebak arti yang tersembunyi dalam tuturan.dan peneliti memilih meneliti kelas B tarjamah lisan pendidikan bahasa arab di Universitas Islam Negri Sunan Ampel Surabaya untuk menganalisis pemerolehan kompetensi pragmatik tarjamah mereka dari bahasa arab ke bahasa indonesia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pemerolehan kompetensi pragmatik dari bahasa arab ke bahasa indonesia kelas tarjamah lisan pendidikan bahasa arab di Universitas Sunan Ampel Islam Negri Surabaya (2) Untuk mengetahui aspek-aspek yang mempengaruhi dalam pemerolehan kompetensi pragmatik dari bahasa arab ke bahasa indonesia kelas tarjamah lisan pendidikan bahasa arab di Universitas Sunan Ampel Islam Negri Surabaya. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 23 siswa kelas B Tarjamah lisan. Hasil dari analisis data dalam penelitian ini adalah a).siswa memperoleh kompetensi pragmatik ditengah-tengah belajar mereka tanpa sadar dan hal itu trbukti ketika mereka mempersentasikan tugas mereka dan kepahaman mereka terhadap tujuan temanya ketika persentasi dan hal itu juga terbukti dengan adanya mereka memperoleh kompetensi pragmatik dari empat aspek dengan rincian sebagai berikut 55,77% dari siswa yg memperoleh kompetensi pragmatik deiksis, 3,85% dari siswa yg memperoleh kompetensi pragmatik Presupposition, 18,27% dari siswa yg memperoleh kompetensi pragmatik Conversational implicature , 22,12%dari siswa yg memperoleh kompetensi pragmatik Speech acts.akan tetapi yang paling sedikit diperoleh kompetensi pragmatiknya adalah pemerolehan pragmatikPresupposition3,85% sedangkan yang Paling dominan aspek yang diperoleh mahasiswa kelas tarjamah lisan pendidikan bahasa arab di Universitas Sunan Ampel Islam Negri Surabayaadalah deiksis dengan taksiran 55,77%.b). aspek-aspek yang mempengaruhi dalam pemerolehan kompetensi pragmatik dari bahasa arab ke bahasa indonesia kelas tarjamah lisan pendidikan bahasa arab di Universitas Sunan Ampel Islam Negri Surabaya.1). siswa memperoleh kompetensi pragmatik ditengah-tengah belajar mereka tanpa sadar dan hal itu trbukti ketika mereka memahami tujuan temanya ketika persentasi.2). dosen menjelaskan tentang bahasa fusha dan bahasa pasaran supaya mereka memahami bahasa arab baik itu bahasa fusha ataupun yang pasaran.3).dosen menjelaskan tujuan bahasa mereka (bahasa arab).4).mahasiswa memperoleh kompetensi pragmatik tanpa sadar (baik dari pendidikan ,membaca buku, berita dengan bahasa arab,mendengar/melihat video bahasa arab, percakapan dengan temannya,dll). 5).dosen menganjurkan mahasiswanya untuk mempelajari bahasa arab fusha. 6).dosen melarang mahasiswanya untuk mempelajari bahasa pasaran diawal pembelajaran mereka. 7).dosen tidak merendahkan mahasiswanya yang masih kurang memahi bahasa arab dengan menyemangati mereka disertai dengan memberi tugas sesuai kemampuannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harirotun Nafisah, Harirotun Nafisahnafis.airen@gmail.comD02215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Keywords: Analisis pragmatik; praktek tarjamah;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Harirotun Nafisah
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:14
Last Modified: 05 Aug 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33401

Actions (login required)

View Item View Item