Pengembangan perangkat pembelajaran model Inside Outside Circle berbasis kearifan lokal Madura untuk melatih kemampuan komunikasi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yun, Qurrota (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran model Inside Outside Circle berbasis kearifan lokal Madura untuk melatih kemampuan komunikasi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota A'yun_D74215101.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya komunikasi matematis dan kearifan lokal di Indonesia tidak sebanding dengan fakta. Faktanya, kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah dan masih banyak siswa yang belum mengenal kearifan lokal di daerahnya. Madura merupakan salah satu daerah yang kental akan kearifan lokalnya, tetapi pelajar di daerah perkotaan banyak yang tidak ikut serta dalam melestarikannya. Oleh sebab itu penulis ingin mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Madura yang dapat melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan dari pengembangan perangkat pembelajaran model Inside Outside Circle (IOC) untuk melatih kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi segiempat. Uji coba dilakukan pada 28 siswa kelas VII-G SMPN 1 Bangkalan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan untuk data proses pengembangan perangkat, teknik validasi untuk data
kevalidan dan kepraktisan perangkat, teknik observasi untuk data aktivitas siswa, dan keterlaksanaan sintaks, teknik angket untuk data respon siswa, dan teknik tes tulis untuk data kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa. Diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Kemudian dilakukan pembuatan prototipe RPP dan LKS model kooperatif berbasis kearifan lokal Madura untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa yang selanjutnya diuji cobakan pada siswa kelas VII-G SMPN Bangkalan. Data kevalidan perangkat diperoleh total kevalidan RPP sebesar 3,53 dan kevalidan LKS sebesar 3,4. Data kepraktisan diperolah bahwa perangkat yang dikembangkan tergolong praktis dengan penilaian kepraktisan RPP A dan kepraktisan LKS dua poin A dan satu poin B. Selanjutnya untuk keefektifan perangkat diperoleh bahwa perangkat dikatakan efektif karena persentase aktivitas siswa yang aktif lebih besar daripada yang pasif yaitu sebesar 9,75%, skor kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks sebesar 3,9 tergolong baik, dan persentase respon positif siswa sebesar 82,2%. Hasil kemampuan komunikasi tertulis matematis siswa diperoleh 21,4% tergolong sangat tinggi, 53,6% tinggi, dan 25% sedang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yun, Qurrotamoeslim.qurrota@gmail.comD74215101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; Kooperatif; IOC; Kearifan; Tanean Lanjang; Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: A'yun Qurrota
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:13
Last Modified: 05 Aug 2019 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33412

Actions (login required)

View Item View Item