Sistematika tafsir surah Al-Ikhlas dan tafsir hasbunallah karya Ahmad bin Asmuni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoharoh, Muthoharoh (2019) Sistematika tafsir surah Al-Ikhlas dan tafsir hasbunallah karya Ahmad bin Asmuni. Undergraduate thesis, UIn Sunan Ampel.

[img] Text
Muthoharoh_E03215034.pdf.pdf

Download (10MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah tafsir karya Ahmad bin Asmuni, dalam penelitian ini menjelaskan mengenai produk tafsir yang dihasilkan oleh Kyai Asmuni juga menjelaskan tentang biografi, pendidikan dan keilmuan Kyai Asmuni serta karya-karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran Kyai Ahmad bin Asmuni tentang Tafsir Surah Al-Ikhlas dan Tafsir Hasbunallah Wani’ma Al-Wakil. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan metode deskriptif-analisis dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber penelitian ini adalah pustaka (Literer). Data dikumpulkan melalui dokumentasi. Analisi data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi ini membahas tentang Tafsir Surah Al-Ikhlas dan Tafsir Hasbunallah Wani’ma Al-Wakil yang ditulis oleh Ahmad bin Asmuni, salah seorang mufassir yang muncul di era tahun 2000-an. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah menguraikan isi yang ada dalam Tafsir Surah Al-Ikhlas dan Tafsir Hasbunallah Wani’ma Al-Wakil. Dalam menjawab permasalahan penelitian kepustakaan ini, peneliti menggunakan metode deskriptif-analisis dengan cara menggambarkan data-data yang ditemukan secara apa adanya dan mengkonstruksikan melalui ketegorisasi atau pengelompokan sesuai dengan data yang tepat. Sepanjang penelitian yang didapat, penelitian ini menemukan kesimpulan bahwa tafsir karya Ahmad bin Asmuni lebih banyak mengitup dari karya tafsir ulama-ulama timur tengah dan kebanyakan kutipannya mengambil dari Tafsir Al-Kabir karya fakhruddin Ar-Razi. Pada tafsir Surah Al-Ikhlas masih ditemukan penafsiran Kyai Ahmad bin Asmuni dengan mengemukakan pendapatnya menggunakan hadis-hadis sebagai penafsiran, selain menukil dari ulama-ulama lain, sehingga tafsir Surah Al-Ikhlas ini tergolong tafsir Bi Al-Riwayah. Sedangkan pada tafsir Hasbunallah Wani’ma Al-Wakil tafsir ini lebih cenderung kepada Fadhail Al-Quran karna lebih banyak membahas mengenai keutaman-keutamaan Hasbunallah Wani’ma Al-Wakil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoharoh, MuthoharohMuthoharoh986@gmail.comE03215034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSyarief, MuhammadMuthoharoh986@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Muthoharoh Muthoharoh
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:28
Last Modified: 19 May 2020 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33413

Actions (login required)

View Item View Item