Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media jepit geometri pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Novia Kartika (2019) Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media jepit geometri pada kelompok A Taman Kanak-Kanak Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Novia Kartika Dewi (D78214032).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri masih sangat rendah dari 16 anak hanya sebanyak 4 anak (25%) yang mampu mengenal bentuk geometri sedangkan 12 anak (75%) lainnya belum mampu mengenal bentuk geometri dengan baik. Peneliti menggunakan media jepit geometri sebagai alat stimulasi sehingga anak mampu mengenal bentuk geometri dengan baik. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media jepit geometri untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A TK Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, bagaimana peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media jepit geometri pada anak kelompok A TK Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada kelompok A TK Bahana Al-Aqsha di Sidomukti Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan media jepit geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan data yang diperoleh adalah data kualitatif berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif nilai hasil belajar berupa penilaian rata-rata dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang digunakan menggunakan model Kurt Lewin dimana proses penelitiannya adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), refleksi (reflecting). Metode penelitian ini adalah analisis penelitian tindakan kelas

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Novia Kartikanokade26@gmail.comD78214032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Dewi Novia Kartika
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:08
Last Modified: 06 Aug 2019 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33415

Actions (login required)

View Item View Item