Peningkatan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa) melalui model cooperatif scripts di kelas V Mi Darrussa’adah Karang Tumpuk Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Frassiska, Mita (2019) Peningkatan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa) melalui model cooperatif scripts di kelas V Mi Darrussa’adah Karang Tumpuk Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mita Frassiska_D07215026.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak tercela ( pesimis, bergantung, serakah dan putus asa). Berdasarkan data ulangan harian yang dilaksanakan oleh guru hasil rata-rata siswa hanya 43,68 (sangat kurang). Untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi akhlak tercela, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui model cooperatif scripts. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model cooperatif scripts pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi akhlak tercela ( pesimis, bergantung, serakah dan putus asa) di kelas V MI Darussa’adah Karang Tumpuk. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak materi akhlak tercela (pesimis, bergantung, serakah dan putus asa) melalui model cooperatif scripts di kelas V MI Darussa’adah Karang Tumpuk. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V MI Darussa’adah Panceng Gresik dengan jumlah 25 . Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang meliputi empat tahap yakni: planning, acting, observing, reflecting. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model cooperatif Scripts dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai pada siklus I sebanyak 74,10 (kurang) dan pada siklus II 89,28 (baik). 2) Observasi aktivitas pada siswa siklus I mendapatkan nilai sebanyak 71,42 (kurang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 85,71 (baik). 3) Peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 67,52 (kurang) mengalami perbaikan pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,32 (baik). 4) Prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 60% (kurang) dan meningkat pada siklus II sebanyak 84% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Frassiska, Mitamitafrasiskaa@gmail.comD07215026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyah.mahfud@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuniati, Wahyuniatideen2bemax@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan
Keywords: asil belajar; Akhlak tercela; Model cooperatif scripts.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Frassiska Mita
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:58
Last Modified: 07 Aug 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33425

Actions (login required)

View Item View Item