Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson's Error Category dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent - Field Independent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utari, Endah Dwi (2019) Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson's Error Category dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent - Field Independent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endah Dwi Utari_D74215089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesalahan siswa dalam perspektif Watson terdiri atas delapan kategorisasi yaitu data tidak tepat (inappropriate data), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure), data tidak disebutkan (ommited data), kesimpulan tidak disebutkan (ommited conclusion), konflik level respon (response level conflict), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation), masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem), selain ketujuh kategori di atas (above other). Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengolah informasi (gaya kognitif). Siswa dengan gaya kognitif yang berbeda cenderung memiliki jenis kesalahan yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent dalam menyelesaikan soal model PISA berdasarkan Watson’s Error Category dan untuk mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan beserta solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisasi kesalahan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa bergaya kognitif field dependent yang memiliki skor terendah dan dua siswa bergaya kognitif field independent yang memiliki skor tertinggi berdasarkan perolehan hasil tes GEFT yang diberikan kepada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Taman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara. Hasil tes tertulis dan wawancara tersebut selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal model PISA berdasarkan Watson’s Error Category adalah inappropriate procedure, ommited data, ommited conclusion, dan above other (2) Jenis kesalahan siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal model PISA berdasarkan Watson’s Error Category adalah above other (3) Penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya adalah kurang teliti dalam mengoperasikan bilangan, sering terburu-buru dalam mengerjakan soal, tidak mengecek ulang jawaban, tidak terbiasa dalam menuliskan apa yang diketahui, anggapan siswa bahwa menuliskan apa yang diketahui tidak terlalu penting bahkan akan mengurangi waktu dalam perhitungan (4) Solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisasi kesalahan siswa adalah guru menyederhanakan sesuatu yang abstrak menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami siswa, kemudian guru memberikan pertanyaan arahan untuk menuntun siswa memperoleh penyelesaian yang benar. Guru juga mengarahkan siswa menghubungkan pemisalan yang dibuat dan apa yang diketahui untuk membuat model matematika. Setelah siswa selesai mengerjakan, guru meminta siswa untuk mengoreksi perhitungannya mulai dari awal hingga akhir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utari, Endah Dwiendahdwiutari18@gmail.comD74215089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuniarrifadah@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Kesalahan siswa: Watson’s Error Category: gaya kognitif: soal PISA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Utari Endah Dwi
Date Deposited: 05 Aug 2019 07:26
Last Modified: 05 Aug 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33430

Actions (login required)

View Item View Item