Efektivitas strategi penanganan Non Performing Finance pada pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Norachman, Siti (2019) Efektivitas strategi penanganan Non Performing Finance pada pembiayaan Murabahah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Norachman_G74215180.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Strategi Penanganan Non Performing Fiannce Pada Pembiayaan Murabahah Di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera”, merupakan penelitian secara kualitatif yang menjawab pertanyaan strategi penanganan non performing finance dan analisis efektivitas dalam penggunaan strategi penanganan non performing finance. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yakni mengidentifikasi keadaan objek atau peristiwa untuk mengambil kesimpulan yang berlaku secara umum. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan mengenai pilihan strategi penanganan NPF pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera yakni teguran, rescheduling, SP II, reconditioning, restructuring, dan kotak penagihan. Serta efektitivitas dari penggunaaan strategi penanganan NPF pada akad pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam menangani pembiayaan bermasalah tidak cukup hanya menggunakan 3 strategi saja, melainkan ada strategi tambahan yakni teguran, rescheduling, SP II, reconditioning, restructuring, dan kotak penagihan. Serta analisis efektivitas strategi penanganan NPF yang paling efektif yakni penggunaan strategi kotak penagihan. Berdasarkan kesimpulan singkat diatas, maka peneliti dapat memberikan saran kepada pihak KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera agar dalam penyaluran dana kepada anggota yang membutuhkan lebih selektif, serta proses penanganan anggota yang tidak kooperatif perlu pihak luar yang telibat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Norachman, Sitisitinorachman@gmail.comG74215180
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Koperasi
Keywords: Koperasi Syariah; Murabahah; Strategi Penanganan Non Performing Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Norachman Siti
Date Deposited: 05 Aug 2019 09:42
Last Modified: 05 Aug 2019 09:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33434

Actions (login required)

View Item View Item