Analisis akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dan pendapatan desa di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik tahun 2016-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Retnaningtyas, Mery (2019) Analisis akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dan pendapatan desa di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MERY RETNANINGTYAS_G72215015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dan Pendapatan Desa di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik Tahun 2016-2018” ini merupakan hasil dari penelitian yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana analisis akuntabilitas alokasi dana desa di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik dan bagaimana analisis akuntabilitas pendapatan desa di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Untuk pengumpulan datanya penulis melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam mengumpulkan data tersebut penulis melibatkan beberapa pengurus Perangkat Desa Yosowilangun dan masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah pertanggungjawaban alokasi dana desa baik secara teknis maupun administrasi sudah berjalan dengan baik sesuai peraturan yang berlaku dengan bukti adanya pertanggungjawaban secara transparan dan akuntabel. Tetapi ada kendala yang dihadapi oleh perangkat desa yaitu dengan menggunakan sistem aplikasi dan tidak dibarengi dengan pelatihan yang cukup sehingga laporan pertanggungjawaban menggunakan sistem aplikasi menyulitkan tugas keuangan desa. Sedangkan pengelolaan anggaran pendapatan desa secara umum sudah dapat terkelola secara baik. Kendala yang dihadapi perangkat desa yaitu masih kesulitan dalam melakukan pencatatan penyusunan pembukuan keuangan desa karena adanya kebijakan yang berubah-ubah sehingga masih memerlukan pendampingan dari aparat Pemerintah Daerah guna untuk penyesuaian perubahan peraturan setiap tahun yang berjalan.
Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti untuk Desa Yosowilangun adalah bagi Pemerintah Desa Yosowilangun perbaikan secara terus menerus dengan selalu mengikuti peraturan perundang-undangan terbaru, agar pemerintah desa dapat mengelola anggaran dengan baik dan tetap mempertahankan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Retnaningtyas, Merymerytyas4@gmail.comG72215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Akuntansi
Kepala Desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Retnaningtyas Mery
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:23
Last Modified: 06 Aug 2019 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33444

Actions (login required)

View Item View Item