Perancangan Sekolah Alam di Kabupaten Malang dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyawati, Puspita (2019) Perancangan Sekolah Alam di Kabupaten Malang dengan Pendekatan Arsitektur Biofilik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puspita Cahyawati_H03215008.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lingkungan sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak pertama kali akan belajar dan memahami sesuatu dari lingkungannya, Salah satu sekolah yang memiliki konsep pembelajaran yang berkaitan langsung dengan lingkungan adalah sekolah alam. Sekolah alam merupakan lembaga pendidikan yang menggunakan metode pembelajaran aktif (action learning). Sekolah alam memberikan penghargan penuh pada anak untuk berkreasi serta memberikan pelajaran secara holistik integratif yang tidak hanya berkutat pada pendidikan teori. Sekolah alam secara sistematis mengembangkan dan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktivitas sekolah.
Perancangan sekolah alam ini berada Kabupaten Malatepatnya berada di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso. sekolah alam ini dikhususkan untuk pendidikan tingkat TK dan SD. Arsitektur Biofilik merupakan pendekatan yang digunakan dalam perancangan ini hal ini dikarenakan arsitektur biofilik merupakan sebuah teori desain yang mengkaji bahwa pada hakikatnya manusia mencintai lingkungan yang alami, dan bertujuan untuk membantu manusia mencapai suatu kesejahteraan dan kenyamanan, serta untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Konsep from nature to nature merupakan konsep utama pada perancangan sekolah alam ini yang memiliki maksud selain belajar dan memanfaatkan alam dalam kehidupan sehari-hari, maka dalam desain tapak, bangunan, dan ruang meminimalisir untuk menimbulkan kerusakan lingkungan.
Kata Kunci : Lingkungan, Sekolah Alam, Arsitektur Biofilik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyawati, Puspitapuspitacahyawati@gmail.comH03215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorA'yun, Qurrotulqurrotaayuninaarsitektur@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Cahyawati Puspita
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:25
Last Modified: 06 Aug 2019 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33448

Actions (login required)

View Item View Item