Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pengembangan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Siti Aminah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jati, Aris Suji (2019) Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pengembangan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Siti Aminah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
ARIS SUJI JATI_D93215065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas lembaga mulai dari sumber daya manusia hingga prestasi yang didapat baik oleh guru maupun siswa. Kepemimpinan tersebut juga harus memperhatikan kemampuan guru yang dinilai sangat berpengaruh pada prestasi belajar peserta didik, sehingga mengembangkan kemampuan dan keterampilan guru sangat perlu dilakukan oleh kepala sekolah baik internal maupun eksternal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Siti Aminah Surabaya, pengembangan profesionalisme guru di SD Siti Aminahh Surabaya, dan pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pengembangan profesionalisme guru di SD Siti Aminah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner, dokumentasi dan observasi. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pendidik yang berjumlah 19 orang. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X) dan pengembangan profesionalisme guru (Y). Teknik analisis data menggunakan uji-t satu sampel, uji linier, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SD Siti Aminah dapat disimpulkan cukup baik, hal ini juga mengacu pada hasil rata-rata sebesar 78,05 dan hasil t-hitung sebesar 14,65. (2) Upaya pengembangan profesionalisme guru di SD Siti Aminah Surabaya menunjukkan hasil analisis yang cukup baik. Hal ini juga mengacu pada hasil rata-rata sebesar 19,5 dan hasil t-hitung sebesar 65,126. (3) Terdapat pengaruh yang tidak terlalu besar antara kepemipinan transformasional terhadap pengembangan profesionalisme guru, hal ini sesuai dengan hasil analisis regresi dengan t hitung sebesar 2,377 > 2,110 dengan porsentase sebesar 25%.

Kata kunci: kepemimpinan transformasional, pengembangan profesionalisme, profesionalisme guru

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jati, Aris Sujiarissuji97@gmail.comD93215065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHuriyah, LilikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jati Aris Suji
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:03
Last Modified: 06 Aug 2019 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33461

Actions (login required)

View Item View Item