Meningkatkan keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung kelompok TK A usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Hidayatus (2019) Meningkatkan keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung kelompok TK A usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatus Safitri_D98215024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang rendahnya keterampilan belajar pada anak usia 4-5 tahun di Kelompok A TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Dari 13 anak hanya 5 anak yang bisa mendapatkan nilai sekurang-kuurangnya Berkembang Sesuai Harapan. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar membuat anak gaduh, anak merasa bosan dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti menerapkan metode pembalajaran langsung. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan pembelalajaran keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung agar dapat meningkatkan keterampilan kegiatan anak kelompok A di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung setelah penerapan pembelajaran keterampilan membentuk origami di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan menggunakan Model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat 4 tahapan ( pernecanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi). Pengumpulan data pada penelitian ini didapat melalui wawancara, observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) penerapan pembelajaran keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung agar dapat mneingkatkan keterampilan kegiatan kelompok A di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo dapat dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut terbukti dari hasil nilai aktivitas meningkat dari 68,7 pada siklus I meningkat menjadi 81,2 pada siklus II dan dikategorikan berkembang sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pun meningkat dari 72,5 menjadi 82,5 pada siklus II sehingga dapat dikategorikan Berkembang sangat baik. 2) ada peningkatan keterampilan membentuk origami melalui metode pembelajaran langsung setelah penerapan pemebelajaran keterampilan membentuk origami di TK Plus Al- Afkar Bungurasih Sidoarjo. Hal tersebut terbukti dari hasil prosentase yang didapatkan nilai sekurangnya Berkembang sesuai harapan pada siklus I yakni 65% dengan nilai rata-rata 65,2 kemudian pada siklus II hasil keterampilan membentuk origami meningkat dengan prosentase anak yang mendapatkan nilai sekurangnya Berkembang sangat baik yaitu 84,6% dengan nilai rata-rata 80,7. Sedangkan berdasrkan hasil penelitian aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar anak telah mengalami perubahan kea arah yang lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Hidayatushidayatussafitri1808@gmail.comD98215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Keterampilan Membentuk Origami
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Safitri Hidayatus
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:07
Last Modified: 06 Aug 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33464

Actions (login required)

View Item View Item