Hubungan penerapan absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahsaniyah, Siti (2019) Hubungan penerapan absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Ahsaniyah_D93215054.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul hubungan penerapan absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian. Hal tersebut dilatar belakangi oleh banyaknya terjadi manipulasi data kehadiran siswa dalam kelas dikarenakan banyak dari guru yang lupa melakukan pencatatan daftar hadir siswa diawal sebelum pembelajaran tau diakhir pembelajaran. Terkadang jika guru tersebut lupa untuk mencatat kehadiran siswa, maka akan merapel daftar kehadiran dihari berikutnya, dengan menganggap seluruh siswa hadir. Sehingga dalam hal ini dapat menyebabkan siswa menjadi tidak disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan absensi fingerprint siswa di MTs. Al-Ihsan Krian, kedisiplinan siswa di MTs. Al-Ihsan Krian, dan hubungan penerapan absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa di MTs. Al-Ihsan Krian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan meliputi kuesioner atau angket dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa yang terdiri dari kelas VII-A, VII-B, VII-C, VII-D, VIII-A, VIII-B, VIII-C, dan VIII-D. Terdapat dua variabel penelitian yaitu penerapan absensi fingerprint sebagai variabel bebas (X), dan Kedisiplinan siswa sebagai variabel terikat (Y). Teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan absensi fingerprint di MTs. Al-Ihsan Krian disimpulkan tergolong baik dengan prosentase 31,98%. (2) Kedisiplinan Siswa di MTs. Al-Ihsan Krian disimpulkan tergolong tinggi dengan prosentase 51,56%. (3) Hasil analisis product moment menunjukkan terdapat hubungan penerapan absensi fingerprint terhadap kedisiplinan siswa di MTs. Al-Ihsan Krian yang diketahui dari nilai Sig yakni 0,002 dan lebih kecil dari 0,05 pada R-tabel dengan nilai 0,294. Dari nilai person correlation yaitu 0,294 dapat disimpulkan bahwa hubungan antara penerapan absensi fingerprint dengan kedisiplinan siswa searah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahsaniyah, Sitisitiahsaniah@gmail.comD93215054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubty, Taufiqtaufiq_subty@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Absensi Fingerprint: Kedisiplinan Siswa: MTs. Al-Ihsan Krian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahsaniyah Siti
Date Deposited: 05 Aug 2019 08:34
Last Modified: 05 Aug 2019 08:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33470

Actions (login required)

View Item View Item