Penerapan teknik Kolase Biji-Bijian untuk meningkatkan keterampilan Motorik Halus siswa Kelompok A di Raudlatul Athfal Al Hikmah Janti Jogoroto Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najmiah, Annisak Lailatun (2019) Penerapan teknik Kolase Biji-Bijian untuk meningkatkan keterampilan Motorik Halus siswa Kelompok A di Raudlatul Athfal Al Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisak Lailatun Najmiah_D98215019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelompok A di Raudlatul Athfal Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang. Penelitian ini dilakukan karena keterampilan motorik halus anak-anak pada kelompok A masih kurang, hal tersebut dikarenakan kurangnya variasi dalam penggunaan alat, bahan, maupun media yang digunakan dalam pembelajaran sehingga anak menjadi mudah bosan dan asal-asalan dalam mengerjakan. Oleh sebab itu peneliti menggunakan cara dengan menerapkan teknik kolase biji-bijian agar siswa dapat meningkatkan keterampilan motorik halusnya melalui teknik ini. Model penelitian ini memiliki 4 komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan yang dimaksud dengan bentuk kolaboratif dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peneliti akan bekerja sama dengan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran. Hasil persentase rata-rata pra siklus mencapai 38,89%. Pada siklus I persentase nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 58,68%. Pada siklus II persentase nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 76%, dan pada siklus III persentase nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 81,94 %. Dari hasil tersebut makan dapat disimpukan bahwa dengan menerapkan teknik kolase biji-bijjian dapat meningkatkan keterampilan motorik halus siswa di kelompok A Raudlatul Athfal Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najmiah, Annisak Lailatunannisaklailatunnajmiah@gmail.comD98215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, BahriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Keterampilan Motorik Halus dan Teknik Kolase Biji-Bijian
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Najmiah Annisak Lailatun
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:34
Last Modified: 06 Aug 2019 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33478

Actions (login required)

View Item View Item