Pengaruh jumlah industri kecil dan menengah (IKM) dan PDRB terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor IKM di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Rika Roslina (2019) Pengaruh jumlah industri kecil dan menengah (IKM) dan PDRB terhadap penyerapan tenaga kerja di sektor IKM di Provinsi Jawa Timur Tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Roslina Dewi_G71215038 (watermak).pdf

Download (1MB)

Abstract

Perluasan penyerapan tenaga kerja dibutuhkan untuk menyeimbangkan laju pertumbuhan penduduk yang mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Jumlah penduduk yang mengalami peningkatan disetiap tahunnya mengakibatkan terjadinya permasalahan tentang ketenagakerjaan. Permasalahan yang muncul adalah permasalahan tentang meningkatnya jumlah angkatan kerja dan rendahnya penyerapan tenaga kerja yang ada. Sektor industri merupakan sektor yang memiliki peran sebagai sektor pemimpin. Di Jawa Timur sendiri sektor industri kecil dan menengah mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam menyerap tenaga kerja yang ada. Karakteristik IKM yang bersifat padat karya dapat menyerap banyak tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara jumlah industri kecil dan menengah (IKM) dan PDRB terhadap penyerapan tenaga kerja di bidang IKM di Provinsi Jawa Timur tahun 2015-2017. Jenis penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan metode pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan data panel yang diolah menggunakan bantuan program eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara ( Uji t ) parsial variabel jumlah IKM dan PDRB berpengaruh secara parsial terhadap penyerapan tenaga kerja di bidang IKM dengan nilai prob. 0.0000 < 0.05, sedangkan PDRB berpengaruh secara parsial terhadap penyerapan tenaga kerja di bidang IKM dengan nilai prob. 0.0013 < 0.05. Secara ( Uji F ) simultan variabel jumlah IKM dan PDRB berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di bidang IKM dengan nilai prob( F-statistic ) sebesar 0.000000 < 0.05. Saran dalam penelitian ini diharapkan kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur agar lebih memperhatikan industri kecil dan menengah di Provinsi Jawa Timur dengan cara meningkatkan pengembangan dan pemberdayaan IKM yang ada, sehingga dapat meningkatkan kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja yang ada. Karena dengan adanya pengembangan dan pemberdayaan IKM dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja di Provinsi Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Rika Roslinarikaroslina38@gmail.comG71215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, NurlailahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja di Sektor IKM, Jumlah Industri Kecil dan Menengah (IKM), PDRB.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Dewi Rika Roslina
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:53
Last Modified: 08 Aug 2019 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33485

Actions (login required)

View Item View Item