Tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerjasama pada Sistem Dropship dalam penjualan buku koleksi tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Norizan, Norain Binti Mohd (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerjasama pada Sistem Dropship dalam penjualan buku koleksi tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norain binti Mohd Norizan_C42215196.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Kerjasama Pada Sistem Dropship dalam Penjualan Buku Koleksi Tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan, 1) Bagaimana praktik kerjasama pada sistem dropship dalam penjualan buku Koleksi Tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia. 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik kerjasama pada sistem dropship dalam penjualan buku Koleksi Tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia. Hasil penelitian ini diperoleh menggunakan metode penelitian, yaitu wawancara dan dokumentasi dengan pihak-pihak yang terlibat yaitu pengurus Isbir Official dan para dropship yang telah berdaftar dalam Isbir Official. Selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus tentang praktik kerjasama pada sistem dropship dalam penjualan buku Koleksi Tarbiah Sentap di Isbir Official, Shah Alam, Malaysia. Hasil penelitian ini menunjukkan, praktik kerjasama pada sistem dropship dalam penjulan buku Koleksi Tarbiah Sentap di Isbir Official bermula dari pendaftaran dropship-dropship dengan mengeluarkan modal sebanyak RM 40.00 (Rp140.000) sehingga ke pembagian hasil keuntungan yang didapati oleh dropship-dropship yang terdaftar. Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik kerjasama pada sistem dropship yang digunakan oleh pihak Isbir adalah berkonsepkan shirkah ‘ina>n dan memenuhi semua syarat-syarat shirkah yang umum maupun khusus. Dapat disimpulkan bahwa, pihak Isbir Official menjalankan praktik kerjasama pada sistem dropship dalam penjulan Buku Koleksi Tarbiah Sentap bersesuaian dengan hukum Islam yang berlaku. Pihak Isbir Official disarankan agar menyesuaikan semua transaksi dengan hukum Islam agar transaksinya lebih murni yang didasarkan pada syariat Islam. Selain itu, pihak yang berpatisipasi haruslah bersikap jujur dan amanah dalam usaha yang dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Norizan, Norain Binti Mohdainmiek@gmail.comC42215196
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Sriainmiek@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kerjasama; Sistem Dropship; penjualan buku; koleksi tarbiah Sentap
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Norain binti Mohd Norizan
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:35
Last Modified: 06 Aug 2019 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33489

Actions (login required)

View Item View Item