Pengaruh Ekstrak Bawang Merah Dan Ekstrak Bawang Putih Terhadap Pertumbuhan Akar Stek Batang Mawar (Rosa Damascena Mill)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Nurul (2019) Pengaruh Ekstrak Bawang Merah Dan Ekstrak Bawang Putih Terhadap Pertumbuhan Akar Stek Batang Mawar (Rosa Damascena Mill). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fitriani_H01215008.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tanaman Mawar (Rosa damascena Mill) banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang banyak disukai oleh kebanyakan orang. Dalam hal ini, perlu dilakukannya peningkatan produksi dengan menggunakan teknik stek. Untuk menunjang keberhasilan stek, perlu dilakukan penambahan zat pengatur tumbuh yang dapat diganti dengan menggunakan ekstrak bawang merah (Allium cepa L.) dan bawang putih (Allium sativum L.) sebagai zat pengatur tumbuh alami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrak bawang merah dan ekstrak bawang putih terhadap pertumbuhan akar stek batang mawar (Rosa damascena Mill). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memotong cabang tanaman mawar pada kemiringan empat puluh lima derajat pada cabang batang tanaman mawar sepanjang 10 cm. Ujung batang yang telah distek direndam dalam masing-masing ekstrak bawang merah dan ekstrak bawang putih (0%, 35%, 45%, 55%, 65%, dan 75%) selama dua jam. Selanjutnya akar ditanam dalam media tanam dan dilakukan pemeliharaan selama 2 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bawang merah dan bawang putih berpengaruh terhadap pertumbuhan akar stek batang mawar (Rosa damascena Mill). Perlakuan ekstrak bawang merah dan ekstrak bawang putih paling optimal yaitu pada konsentrasi 65% dan 55% yang menghasilkan persentase hidup stek 100%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang merah dan ekstrak bawang putih dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan pertumbuhan akar pada stek batang mawar (Rosa damascena Mill).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Nurulfitrianin944@gmail.comH01215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorFaizah, HanikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: Ekstrak bawang merah (Allium cepa L.), Ekstrak bawang putih (Allium sativum L.), Tanaman mawar (Rosa damascena Mill), Metode stek, Pertumbuhan akar.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fitriani Nurul
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:13
Last Modified: 08 Aug 2019 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33518

Actions (login required)

View Item View Item