Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Desensitisasi In Vivo untuk Mengatasi Fobia terhadap Lem Kertas pada Anak Usia 5-6 Tahun: studi kasus tk islam al-istikmal juwet nanom gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Lailatul (2019) Penerapan Teknik Modifikasi Perilaku Desensitisasi In Vivo untuk Mengatasi Fobia terhadap Lem Kertas pada Anak Usia 5-6 Tahun: studi kasus tk islam al-istikmal juwet nanom gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Umroh_D98215059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya hasil kerja siswa di TK Al Istikmal Juwet Nanom Gresik. Hal ini disebabkan adanya fobia terhadap lem kertas yang dialami oleh 5 orang siswa. Argument ini dibuktikan dengan adanya hasil karya yang menunjukkan hasil dari campur tangan antara guru dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi fobia terhadap lem kertas pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan teknik modifikasi perilaku desensitisasi in vivo studi kasus TK Islam Al-Istikmal Juwet Nanom Gresik. Dalam TK tersebut terdapat 5 dari 43 siswa yang mengalami fobia terhadap lem kertas yang terdiri dari 3 tingkatan fobia. Di antaranya ialah tingkatan fobia tinggi, fobia sedang dan ringan. Dalam penelitian ini pembahasan yang akan diuraikan adalah kondisi fobia yang terjadi di TK Islam Al Istikmal Juwet Nanom Gresik, serta penerapan teknik modifikasi perilaku desensitisasi in vivo untuk mengatasi fobia terhadap lem kertas pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Istikmal Juwet Nanom Gresik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif Milles dan Huberman bila mana fase awal proses tersebut ialah pengumpulkan data, reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di TK Islam Al Istikmal Juwet Nanom Gresik terdapat 3 tingkatan fobia, yakni fobia tingkat rendah, sedang dan tinggi. Hasil lain ditemukan di akhir sesi penelitian, 2 anak berani memegang lem kertas stik sedangkan 3 anak mampu memegang dan berani terhadap lem kertas cair. Terlihat pula adanya penurunan tingkat fobia yang di alami oleh 5 anak menjadi 2 anak yang berada di tingkatan fobia sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Lailatullailatulumrohpgra@gmail.comD98215059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Fobia; Modifikasi Perilaku; Desensitisasi In Vivo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Umroh Lailatul
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:57
Last Modified: 06 Aug 2019 08:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33525

Actions (login required)

View Item View Item