Peningkatan Hasil Belajar Sub Tema Pengalaman Masa Kecil Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Siswa Kelas I MI Unggulan Assa'adah Benowo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Vindyarani, Sri Anggie (2019) Peningkatan Hasil Belajar Sub Tema Pengalaman Masa Kecil Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Siswa Kelas I MI Unggulan Assa'adah Benowo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Anggie Vindyarani_D07215045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa terhadap materi Tematik Subtema Pengalaman Masa Kecil. Hasil belajar yang cukup rendah memberikan dampak sulitnya mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar Tematik Subtema Pengalaman Masa Kecil, diambil tindakan pembelajaran menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort dalam mata Tematik Subtema Pengalaman Masa Kecil pada siswa kelas I MI Unggulan Assa’adah Benowo Surabaya? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Tematik Subtema Pengalaman Masa Kecil setelah menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort dalam materi Subtema Pengalaman Masa Kecil pada siswa kelas 1 MI Unggulan Assa’adah Benowo Surabaya? Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan cara wawacara terbuka dengan guru kelas I dan siswa kelas I MI Unggulan Assa’adah. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah tes tulis yaitu menggunakan butir-butir soal tes. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Penerapan strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas I MI Unggulan Assa’adah Benowo Surabaya telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 86,6 (baik) sedangkan siklus II menjadi 90,8 (sangat baik). Hasil skor observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I 88,7 (baik) sedangkan siklus II menjadi 92,5 (sangat baik). 2) Terdapat peningkatan hasil belajat subtema Pengalaman Masa Kecil dengan strategi pembelajaran card sort pada siswa kelas I MI Unggulan Assa’adah Benowo Surabaya. Hal ini dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 72,3 menjadi 85,7 pada siklus II serta prosentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus sebesar 68,4% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 84,2% jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Vindyarani, Sri Anggieanggievindyarani@gmail.comD07215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JuharotinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uiUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Hasil Belajar Tematik: Pengalaman Masa Kecil: Card Sort.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vindyarani Sri Anggie
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:31
Last Modified: 06 Aug 2019 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/33526

Actions (login required)

View Item View Item